Draf APBD Perubahan Butur Mulai Digodok – Kendari Pos
Buton Utara

Draf APBD Perubahan Butur Mulai Digodok

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Buton Utara (Butur) tengah menuntaskan penyusunan rancangan kebijakan umum prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan tahun 2020. Bupati Butur, Abu Hasan memastikan, prioritas program yang akan diakomodir dalam anggaran perubahan merupakan skala prioritas. “TAPD telah bekerja menyusun draf rancangan APBD Perubahan untuk diserahkan ke legislatif. Silpa tengah dihitung berapa jumlahnya dan dikaji program mana yang prioritas dibiayai. Sebab kondisi keuangan daerah defisit akibat penyebaran Covid-19,” ujar Abu Hasan di kantor Setkab Butur, Selasa (4/8).

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu menjelaskan, diperkirakan Silpa APBD Perubahan hanya berkisar puluhan miliar rupiah. Itu bersumber dari pendapatan asli daerah yang didalamnya meliputi penerimaan retribusi daerah, pajak daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah dan penerimaan lainnya. Selain itu juga terdapat dana perimbangan, bagi hasil dari pendapatan negara yang dialokasikan kepada daerah berdasarkan jumlah persentasi tertentu untuk mendanai kebutuhan daerah dalam tujuan pelaksanaan desentralisasi.

“Serta terdapat juga pendapatan lain-lainnya yang sah seperti dana hibah, dana darurat, dana bagi hasil Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah, dana penyesuaian dan otonomi khusus, bantuan keuangan dari provinsi atau Pemerintah Daerah lainnya. Serta sejumlah pendapatan lain yang dipungut berdasarkan peraturan-peraturan daerah yang telah ditetapkan lainnya,” terangnya.

Abu Hasan memastikan, TAPD tak akan telat menyerahkan draf KUA-PPAS APBD Perubahan tahun 2020 ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk dibahas dan disahkan. “Eksekutif memiliki tanggung jawab menyusun draf rancangan anggaran perubahan kemudian disampaikan ke DPRD. Proses pembahasannya, itu kewenangan legislatif,” tandasnya. (b/had)
Area lampiran

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy