DPMD Buton Masifkan Program Pemberdayaan Desa – Kendari Pos
Buton

DPMD Buton Masifkan Program Pemberdayaan Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) sudah banyak memberikan perubahan pada percepatan pembangunan di wilayah tersebut. Bukan hanya infrastruktur, tetapi juga pada peningkatan ekonomi masyarakat. Desa Wabula 1, Kecamatan Wabula di Kabupaten Buton, sudah membuktikan hal itu. Sabtu (29/8) lalu, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat menggelar pelatihan pembuatan kripik, dodol dan tepung dari buah sukun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buton, Murtaba Muru, memberikan apresiasi pada Pemdes Wabula 1. Menurutnya, program tersebut telah menjadi stimulan untuk mendongrak ekonomi warga. Sebab bisa menjadi lapangan kerja baru bagi penggiatnya. Oleh karena itu, kegiatan semacam itu harus masif digerakkan. “Pelatihan ini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, dan kita berikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Desa Wabula Satu,” kata mantan Inspektur Pemkab Buton ini.

Apresiasi yang sama juga datang pada Camat Wabula, Muhammad Basri. Dia memastikan pihaknya akan selalu memberikan dukungan penuh pada Pemdes di otoritanya yang memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan pemberdayaan. “Semoga setelah kegiatan pelatihan ini masyarakat Desa Wabula Satu bisa mengembangkannya baik didalam maupun untuk di luar daerah agar perekonomian masyarakat Kecamatan bisa meningkat,” ungkapnya.

Muhammad Basri juga menekankan kepada Pemdes Wabula 1 untuk selalu mendukung dan mensuport setiap bentuk kegiatan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Di tempat yang sama, Kepala Desa Wabula 1, La Budi Nuha, memaparkan, pelatihan pembuatan keripik, dodol dan tepung dari buah sukun sudah lama dinanti warga. Sebab, bahan dasarnya melimpah ruah di sana.

“Karena kita banyak sukun di sini, kita coba kita jadikan itu sebagai sumber income bagi masyarakat melalui pengolahan yang baik,” katanya. Dengan melibatkan peserta pelatihan 20 orang, Pemdes hanya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 15 juta. Selain Kepala DPMD dan Camat Wabula, kegiatan itu juga dihadiri Babinsa Bhabinkamtibmas, Ketua dan anggota BPD, serta Karang Taruna Wabula 1. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy