Doktrin Keselamatan Jalan Usia Dini, BPTD-Kendari Pos Gelar Lomba Mewarnai – Kendari Pos
Nasional

Doktrin Keselamatan Jalan Usia Dini, BPTD-Kendari Pos Gelar Lomba Mewarnai


KENDARIPOS.CO.ID — Tak sedikit usia produktif dari kaum milenial menjadi korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Emosi yang masih labil membuat mereka memacu kendaraan diluar batas normal. Doktrin keselamatan jalan sejak usia dini mesti diterapkan terhadap anak. Kelak dewasa, mereka akan berkontribusi dalam upaya keselamatan jalan untuk menekan angka lakalantas.

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kendari Pos bergerak dalam napas yang sama mengampanyekan tertib lalu lintas dan keselamatan jalan dalam lomba mewarnai bagi anak usia dini, Selasa (25/8).

Lomba dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan itu digelar secara daring. Peserta menuangkan imajinasinya di atas media yang disiapkan panitia dan proses mewarnai diunggah melalui video. Lalu, hasilnya dikirimkan kepada panitia.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengatakan, lomba mewarnai bagi anak usia dini merupakan salah satu item dalam kegiatan sosialisasi Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) tahun 2020. “Sosialisasi akan pentingnya keselamatan berlalu lintas perlu terus digencarkan melalui PNKJ. Bukan hanya kepada masyarakat tetapi juga kepada anak-anak sejak dini,” ujarnya kepada Kendari Pos, Selasa kemarin.

Lomba mewarnai bertema aktivitas personel perhubungan di jalan raya menjadi media efektif menanamkan nilai edukasi kepada anak usia dini akan pentingnya keselamatan jalan dan tertib lalu lintas. “Agar opini berkendara yang baik dan teratur membekas kuat dalam ingatan masyarakat dan anak-anak kita sejak dini. Sehingga dapat menumbuhkan kesadaran agar selalu waspada dan hati-hati ketika sedang berkendara. Dengan edukasi itu, kita berharap dapat meminimalisir jumlah kecelakaan di Sultra,”kata Benny Nurdin Yusuf.

Sementara itu, Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan, lomba ini sarat akan nilai pendidikan kepada anak-anak agar diusia dini, mereka sudah punya gambaran akan pentingnya keselamatan jalan. Sehingga muarnya akan tumbuh budaya tertib berlalu lintas.

Antusias peserta sangat tinggi. Terbukti sekira 500 anak-anak SD kelas I, II dan III dari 50 SD negeri dan swasta turut serta dalam kegiatan ini. “Berkat bantuan dari berbagai pihak baik guru, maupun orangtua, acara ini berjalan lancar,” ujar Nursyamsi Abidin, kemarin.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19, lomba dilaksanakan secara daring. Peserta membuat video saat mewarnai dan hasilnya difoto lalu dikirim ke whatsapp 0811409191. Peserta diminta mengunggah karyanya di instagram masing-masing dengan mention kendaripos.co.id dan tagar #LOMBAMEWARNAIBPTDSULTRA.
“Sebagian peserta yang orang tuanya berlangganan koran Kendari pos, datang langsung ke kantor Graha Pena Kendari Pos untuk mengumpulkan gambar yang telah diwarnai,” ungkapnya.

Hj.Nisma, salah seorang juri lomba sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebab sangat penting untuk mengedukasi anak-anak. “Apapun yang terbaik yang bisa didedikasikan khususnya kepada dunia pendidikan, kami sangat mengapresiasi. Selain edukasi mengenai tertib berlalu lintas, lomba ini mengasah kreativitas anak didik kita,” ujarnya.

Mereka yang sukses meraih gelar juara adalah, Tania Zhevanya Masal SD Katolik Pelangi sebagai juara I, Zahratun Nafisah Zahra asal SDN 84 Kendari meraih juara II dan Zahirah Fakhirah Faisal, asal SDN 30 Kendari diposisi juara III. Juara harapan I, diraih Agdeline Glory A asal SDN 39 Kendari, juara harapan II, Adelia M.G, dari SD 84 Kendari dan juara harapan III, Fiza Nur Asyika asal SD 35 Kendari. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy