Disdukcapil Konsel Buka Layanan Daring – Kendari Pos
Konawe Selatan

Disdukcapil Konsel Buka Layanan Daring

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus memaksimalkan sistem pelayanannya pada publik. Untuk memudahkan pengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat, pihak instansi tersebut menjalankan pelayanan dengan sistem dalam jaringan (Daring). Layanan online tersebut juga sebagai upaya mengoptimalkan kinerja di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Disdukcapil Konsel, Muh. Yusuf melalui Kepala Seksi Pendataan Penduduk, Sudirman, menjelaskan, layanan sistem Daring itu mulai berlaku sejak 1 Juli 2020 lalu. Tujuannya untuk mengurangi beban kerja petugas di kabupaten. Disisi lain memudahkan masyarakat dengan memperpendek jarak layanan dokumen kependudukan di wilayah itu. “Ini berlaku pada 25 kecamatan di Konsel. Jadi ini sebagai terobosan dan inovasi guna mengoptimalkan layanan masyarakat dalam hal administrasi kependudukan (Adminduk),” jelas Sudirman, Selasa (11/8). Ia mengungkapkan, pelayanan Daring yang berlangsung di kecamatan itu meliputi pencetakan kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, perkawinan, pindah penduduk dan non muslim.

“Terkecuali cetak KTP-el dan Kartu Indentitas Anak (KIA), itu tetap harus dilayani di kabupaten,” sambungnya. Untuk mengefektifkan layanan Adminduk Daring itu, Disdukcapil Kabupaten telah menunjuk operator yang telah ditempatkan pada masing-masing kecamatan.
“Jadi warga yang hendak mengurus Adminduk kecuali KTP elektronik dan KIA, cukup datang di kecamatan dan bisa langsung kelar dan langsung diprint. Tidak perlu jauh-jauh ke Disdukcapil di Ibu Kota Kabupaten,” terangnya.

Saat ini ada perubahan percetakan dokumen kependudukan. Berdasarkan Permendagri nomor 109 tentang percetakan dokumen kependudukan itu tidak lagi menggunakan blangko. “Tetapi menggunakan kertas HVs A4, 80 gram. Untuk melakukan pengesahan dokumen yang dikeluarkan, cukup menggunakan tanda tangan elektronik (TTE). Dasarnya, Permendagri 104 tentang pengesahan. Jadi tidak perlu dilegalisir atau disahkan, sebagaimana yang lalu,” terangnya.

Sudirman berharap dengan sistem tersebut masyarakat lebih mudah mendapatkan layanan dokumen kependudukan sesuai kebutuhan. “Kita juga terus bersosialisasi ke beberapa kecamatan tentang beberapa perubahan ini. Syarat dalam pengurusan Daring ini, cukup melengkapi fotokopi kartu keluarga, surat nikah, keterangan lahir, nomor HP dan email. Itu sudah bisa print sendiri,” tandasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy