Direstui Presiden jadi Sekprov Definitif, Nur Endang Abbas Dilantik Hari Ini – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Direstui Presiden jadi Sekprov Definitif, Nur Endang Abbas Dilantik Hari Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak 56 tahun lalu Provinsi Sultra terbentuk, belum satupun jabatan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) definitif dijabat seorang perempuan. Puluhan tahun, PNS laki-laki mendominasi jabatan paling bergengsi di birokrasi itu. Adalah Nur Endang Abbas, satu-satunya PNS perempuan yang meruntuhkan hegemoni laki-laki. Hari ini, dia dilantik menjadi Sekprov Sultra definitif. Srikandi (perempuan tangguh) di puncak karier.

Dia dilantik setelah menggenggam “restu” Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Jalan terjal mengiringi langkah Nur Endang Abbas merengkuh puncak karier sebagai “jenderal” PNS lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. Tiga nama terbaik yang dikristalkan panitia seleksi (Pansel) nyaris dianulir. Nur Endang Abbas salah satu tiga terbaik tersebut.

KASN dan Kemendagri kompak menolak wacana kocok ulang hasil Pansel Sekprov Sultra. Sembari menunggu “fatwa” pemerintah pusat, Pemprov Sultra menunjuk empat pejabat eselon II sebagai Penjabat (Pj) Sekprov.

Restu Presiden Jokowi terhadap Nur Endang Abbas tak salah alamat. Figur perempuan itu sangat matang malang melintang di dunia birokrasi dan organisasi nonpemerintahan (Ketua DPD KNPI Sultra). Beberapa jabatan eselon II pernah diembannya. Sebut saja, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Sultra, dan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Sultra.

Mengemban jabatan bergengsi di lingkup Pemprov Sultra tak membuat Nur Endang Abbas jemawa. Dia tetap merendah. “Ini merupakan amanah yang dititipkan Allah SWT kepada saya.
Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Sesungguhnya, amanah jabatan Sekprov Sultra ini adalah ujian. Menguji integritas, dan tanggung jawab saya dalam menjalankan tugas. Pada intinya, saya akan bekerja keras mempersembahkan yang terbaik untuk Sultra,”kata Dr. Hj.Nur Endang Abbas kepada Kendari Pos, Minggu (2/8) kemarin.

Dalam menjalankan tugas nantinya, Nur Endang Abbas akan senantiasa mengoptimalkan kerja-kerja atau aktualisasi program Pemprov yang telah berjalan, meski di tengah pandemik Covid-19. Bagi seorang Nur Endan Abbas, wabah Covid-19 ini bukan penghalang menjalankan tugas. “Tantangan dalam roda pemerintahan, adalah bagian dinamika dalam bernegara. Melalui tantangan tersebut, maka kita harus menjadikannnya sebagai pelecut semangat untuk mempersembahkan karya terbai,”terang mantan Kepala BKD Sultra itu.

Nur Endang menjelaskan, semua program yang telah dijalankan oleh pemimpin sebelumnya, akan dilanjutkan dan diakselerasi. Dia menggarisbawahi jika program tersebut sangat baik dalam menunjang pembangunan daerah. Jika ada program yang kurang produktif dalam kesatuan tatanan pembangunan, maka akan dikomunikasikan kepada Gubernur Sultra untuk ditata kembali.

“Pada prinsipnya, penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana, serta pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah provinsi, harus berjalan efisien, efektif dan optimal. Karena pada komponen tersebut, adalah intisari kerja Sekprov,”tandas mantan Ketua KNPI Sultra itu.

Pelantikan Nur Endang Abbas sebagai Sekprov Sultra akan dilakukan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Rabu (3/8). Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengatakan dirinya sudah menerima laporan pelantikan Nur Endang Abas sebagai Sekprov Sultra.

“Alhamdulillah sudah ada titik finalnya, Nur Endang Abbas akan dilantik sebagai Sekprov definitif Sultra tepat pukul 13.00 Wita di rujab gubernur,” ujarnya kepada Kendari Pos, Minggu (2/8) kemarin.

Lukman Abunawas menambahkan, penunjukan Nur Endang Abbas sebagai Sekprov Sultra definitif sejak satu bulan lalu digodok.
Nur Endang Abbas akan menjabat Sekprov Sultra selama satu tahun tujuh bulan.

“Karena Ibu Endang lahir bulan April 1962 dan akhir masa jabatannya 1 Mei 2022. Saat ini dia tinggal satu tahun enam bulan,” ungkap mantan Sekprov Sultra itu.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, La Ode Mustari mengatakan
pelantikan “jenderal” PNS lingkup Pemprov Sultra Nur Endang Abbas akan dilakukan Gubernur Sultra, Ali Mazi. “Jalan panjang telah dilalui Pemprov Sultra untuk penetapan Sekprov definitif ini. Bahkan sebelumnya jabatan Sekprov diembang pejabat berstatus Penjabat (Pj) Sekprov,” ujarnya.

Protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 akan membalut prosesi pelantikan di Rujab Gubernur Sultra. “Melalui pelantikan ini kita berikan contoh kepada masyarakat bahwa pemprov pun patuh pada prokes memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi acara pelantikan biasanya dihadiri banyak orang maka tamu undangan akan dibatasi, menjaga jarak. Terpenting yang harus ada itu para pejabat kepala OPD dan unsur Forkopimda. Ini pasti diundang,”ujar La Ode Mustari.

Ditempat terpisah, Pj.Sekprov Sultra, La Ode Ahmad Pidana Bolombo mengaku gembira terpilihnya Nur Endang Abbas sebagai Sekprov Sultra definitif. “Tugas yang diberikan kepada saya dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) selesai. Sekprov telah ditunjuk, dan akan dilantik. Saya berharap jalannya roda pemerintahan akan semakin maksimal,” ujarnya, kemarin.

Direktur Politik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini mengatakan adanya Sekprov Sultra definitif dapat menjadi spirit akselerasi penyelenggaraan pemerintahan di Sultra. “Khususnya dalam penanggulangan kerja-kerja penanganan covid-19 juga dampak paska covid-19,” kata La Ode Ahmad P.Bolombo. (m6/rah/yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy