Dinsos Kolut Fasilitasi Perawatan Dua Warga Gangguan Jiwa – Kendari Pos
Kolaka Utara

Dinsos Kolut Fasilitasi Perawatan Dua Warga Gangguan Jiwa


KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) sedang memfasilitasi perawatan medis bagi Basri dan Ramli, dua pria bersaudara, warga kurang mampu di Desa Ponggiha. Kedua warga yang mengalami gangguan kejiwaan tersebut sedang dilayani untuk pengurusan demi mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dan akses penanganan kesehatan.

Sekretaris Dinsos Kolut, Andi Darwisah, mengakui, kedua bersaudara itu mulanya sulit mendapatkan bantuan karena identitas mereka masih berstatus warga Bulukumba, Sulawesi Selatan, sesuai KTP yang ada. “Keduanya memang sudah lama tinggal di Kolut dan tinggal bersama kedua orang tuanya. Hanya saja KTP mereka tidak pernah diurus karena sedang sakit,” jelas Andi Darwisah, Selasa (18/8).

Olehnya itu keluarga tersebut sulit diberi bantuan pemerintah karena harus memiliki nomor Induk kependudukan (NIK) di daerah Kolut. Setelah melalui proses panjang, pembaharuan domisili pun akhirnya terealisasi dan keluarga tersebut diusul untuk mendapat akses bantuan dan penanganan kesehatan. “Kami sudah berusaha memasukkan data mereka ke Pemerintah Pusat untuk terima dana tunai tiap bulan. Pembagian bantuan dari APBD tahap ke II juga sudah dilakukan,” katanya.

Di struktur keluarga, Basri merupakan anak ke tiga dan Ramli ke dua dari pasangan suami istri, Hajaring serta Halidang. Basri masih memiliki seorang adik laki-laki dan kini menjadi tulang punggung keluarga, karena ibunya harus mengurus sang suami yang lumpuh dan kedua anaknya yang gangguan jiwa.

Andi Darwisah memastikan kartu BPJS Kesehatan bagi Basri dan Ramli juga sementara dalam pengurusan agar penanganan medis bisa dilakukan, termasuk kelanjutannya agar dapat dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari. Selain bantuan dari pemerintah desa maupun dari APBD, keluarga Hajaring dan Halidang juga kerap mendapat donasi dari warga. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy