Dianggap Mampu, 30 Penerima PKH Dicoret – Kendari Pos
Metro Kendari

Dianggap Mampu, 30 Penerima PKH Dicoret

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memastikan Program Keluarga Harapan (PKH) tepat sasaran, Pemkot Kendari bersama Kementerian Sosial (Kemensos) terus melakukan evaluasi terhadap Keluarga Penerima Bantuan (KPM). Tahun 2020 ini, sebanyak 700 KPM yang akan dikeluarkan (graduasi) sebagai penerima. Sebab ketentuan mengharuskan 10 persen dari penerima tahun sebelumnya harus digantikan dengan penerima baru.

Namun hingga kini, baru 30 KPM yang baru dicoret. Pasalnya, tim pendamping PKH bersama pertugas pemerintah masih kesulitan memonitoring tentang kelayakan penerima bantuan disebabkan pandemi covid-19. Hingga penyaluran tahap ketiga program PKH Kota Kendari, tercatat ada sekira 7.265 KPM.

“Dari 700 KPM, baru 30 KPM yang terealisasi. Jika kondisi (Covid-19) kami akan agendakan kembali,” kata Koordinator PKH Kota Kendari, Jasman, kemarin.

Pencoretan KPM kata Jasman, tidak serta merta bisa dilakukan. Sebab semuanya tetap melalui protap. Yang mana, penerima bersedia menandatangani surat pengunduran diri sebagai penerima bantuan karena dianggap telah sejahterah berkat bantuan yang diberikan.

“Bantuan yang disalurkan cukup efektif. Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, ada juga yang memanfaatkanya sebagai modal usaha. Dari 30 KPM yang mengundurkan diri karena usaha mereka berkembang pesat. Bahkan ada yang sudah membeli mobil. Yang keluar nantinya akan diganti oleh penerima yang baru yang memang membutuhkan. Nantinya, Kemensos yang menentukan siapa yang layak,” jelasnya.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengapresiasi masyarakat yang memilih mundur dari penerima PKH. Langkah ini diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat di kecamatan lain yang ekonomi sudah mampu kemudian dengan sadar diri mengundurkan diri dari penerima bantunan. “Selain itu, kita juga berharap kepada masyarakat sendiri untuk mau dan berusaha keluar dari kemiskinan,” kata Sulkarnain.

Saat ini, pemerintah terus fokus berupaya untuk mengentaskan kemiskinan. Pemerintah mendorong kebijakan terkait revolosi mental, salah satu poinya adalah redesain program yang memungkinkan perubahan minset masyarakat miskin menjadi produktif, mandiri, dan bermartabat. “Saya harap kegiatan ini bisa memberikan motivasi kepada masyarakat yang sudah mampu dan masih mendapat bantuan tergugah,” ujarnya. (b/ags)

Penyaluran PKH di Kota Kendari
Penerima 7.265 KPM
10 Persen atau 700 KPM Akan Digantikan
Baru 30 KPM yang Dicoret
Tim Masih Melakukan Monitoring

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy