Cegah Duplikasi Bansos, Balitbang Luncurkan SIP Covid-19 – Kendari Pos
Metro Kendari

Cegah Duplikasi Bansos, Balitbang Luncurkan SIP Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mengantisipasi penyaluran bantuan sosial (Bansos) tepat sasaran, Pemprov Sultra telah meluncurkan Sistem Informasi Penanganan (SIP) corona virus disease 2019 (Covid-19). Sistem berbasis website ini akan menjadi bank data penerima bantuan atau warga kurang mampu di Sultra. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Bakitbang) Sultra, Sukanto Toding mengatakan Pemprov ikut memikul ragam dampak pandemi Covid-19 terutama pada bidang sosial dan ekonomi, melalui penyaluran bansos baik tunai maupun sembako. Untuk itulah, Pemprov menghadirkan SIP Covid-19.

“Bagi masyarakat kurang mampu dan ingin mendapatkan bantuan dapat mengisi data diwebsite tersebut dengan menginput atau memasukkan nomor induk kependudukan atau KTP. Jadi by name by addres. Ini upaya meminimalisir adanya masyarakat yang menerima bantuan double atau ganda,” jelasnya.

Masyarakat kata dia, juga dapat berpartisipasi dengan mengusulkan kerabat, tetangga atau warga di sekitar yang terdampak covid untuk didata dalam SIP Covid-19 tersebut. Dengan begitu, semua yang terdampak dapat tercover. “Tapi jangan asal memasukkan, sebab akan di survei kembali oleh dinas terkait,” terang Sukanto.

Saat ini, masih proses penginputan data masih dilakukan admin di masing-masing OPD dengan model dashboard. Datanya akan dimasukan ke website ini agar tidak terjadi duplikasi. Sistem ini akan menjadi satu data Bansos Sultra. “Jadi data ini sekaligus dapat mengupdate dan terintegrasi dengan sistem data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang menjadi sentral data nasional penanganan bansos,” pungkasnya. (b/rah)

Cara Mendaftar SIP Covid-19
-Kunjungi Website https://laporbansos.sultraprov.go
-Klik usulkan bantuan
-Isi formulir
-Cek Perkembangan Usulan Melalui Jendela Program
-Semua Usulan Bakal Tercover – Usai Tercover, Instansi Terkait Akan Melakukan Survei

3 Comments

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy