Cegah Covid-19, TP-PKK Kota Kendari Intens Edukasi Warga – Kendari Pos
Metro Kendari

Cegah Covid-19, TP-PKK Kota Kendari Intens Edukasi Warga

Sri Lestari

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kendari terus bergerak membantu Pemkot dalam penanganan covid-19. Tidak hanya memberi bantuan, lembaga yang dinahkodai Hj. Sri Lestari gencar melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ketua TP PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari mengaku akan terus mengedukasi warga. Beberapa waktu lalu, ia bersama jajaran menyambangi seluruh pasar rakyat yang ada di Kendari. Bukan hanya itu, beberpa pusat keramaian dan fasilitas kesehatan (faskes) tak luput dari pantuan.

“Sudah menjadi tugas kami (pokja IV), yaitu untuk mengelola program kesehatan dan kelestarian lingkungan. Nah, di tengah pandemi Covid-19 utamanya di era adapatasi kebiasaan baru ini saat ini, kami meminta warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata Sri Lestari, kemarin.

Upaya yang dimaksud lanjut Sri Lestari, melalui upaya pencegahan dini seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker bila batuk atau pilek, serta menerapkan Physical Distancing (jaga jarak). Namun kebiasaan ini harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang.

“Jadi, perbanyak makan sayur dan buahn, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Bila batuk, pilek dan sesak nafas, secepatnya segera memeriksakan diri ke layanan fasilitas kesehatan terdekat,” jelasnya.

Bagi kaum ibu yang sedang mengandung, Sri Lestari meminta agar mereka rajin-rajin memeriksakan kehamilannya. Sedangkan bagi ibu yang memiliki anak balita untuk menyempurnakan imunisasi anak-anaknya ke posyandu. “Semua ada di Posyandu kita. Program yang bisa diterapkan di Posyandu yakni Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Kedepan setiap posyandu kami upayakan ada Bina Keluarga Remaja (BKR),” kata Sri Lestari.

Meskipun Kendari berada di tengah pandemi, kondisi kesehatan masyarakat harus dipantau. “Mulai dari konsultasi kesehatan, kemudian pada ibu ada program hamil, proses menjalani kehamilan, melahirkan, balita, remaja hingga lansia semua bisa terpantau,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy