BWS Bantu Penanganan Sungai Aere Koltim – Kendari Pos
Kolaka Timur

BWS Bantu Penanganan Sungai Aere Koltim

KENDARIPOS.CO.ID — Penataan kawasan sungai di Desa Iwoimenggura dan Ulundoro, Kecamatan Aere pasca bencana banjir beberapa waktu lalu, mulai dilakukan. 650 kawat bronjong didatangkan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) untuk mendukung rekayasa aliran sungai tersebut.
Bantuan itu diberikan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Koltim, Bio Mansur, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pasca banjir beberapa waktu lalu, sungai di Kecamatan Aere banyak mengalami perubahan kontur tanah dan aliran sungai. Makanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim segera melakukan antisipasi. “Jika tidak cepat diatasi, maka semakin parah saat terjadi banjir lagi,” jelas Bio Mansur. Makanya, melalui dinas teknis, pihaknya mengusulkan bantuan kawat bronjong ke BWS. 650 kawat bantuan dari BWS Sulawesi IV Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sementara pekerjaan pelurusan sungai dan jalan dianggarkan melalui dana kontigensi Pemkab Koltim.

Kabid Sumber Daya Air Dinas PU dan Perhubungan Koltim, Syukri Rahmat Moita, mengatakan, bantuan kawat bronjong dan 800 lembar karung telah diterima dan dilaporkan. “Semua ini untuk penanganan aliran sungai di Desa Iwoimenggura dan Ulundoro, Kecamatan Aere. Bantuan ini sudah ketiga kali kami terima selama tahun 2020. Pertama kawat bronjong 640 lembar untuk di Kecamatan Mowewe, kedua untuk Kelurahan Simbalai dan Desa Lalowura Kecamatan Loea sebanyak 860 lembar,” rincinya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy