Busel Dapat Dana BOS Afirmasi Miliaran, Tiap Sekolah Dijatah Rp 60 Juta – Kendari Pos
Buton Selatan

Busel Dapat Dana BOS Afirmasi Miliaran, Tiap Sekolah Dijatah Rp 60 Juta

KENDARIPOS.O.ID — Sejak tahun 2019 lalu, bantuan operasional sekolah (BOS) dibagi dalam tiga jenis. Mulai dari BOS Reguler, BOS Kinerja dan BOS Afirmasi. BOS Reguler dipastikan akan diterima semua sekolah. BOS Kinerja ditentukan oleh prestasi tiap sekolah. Sedangkan BOS Afirmasi diberikan bagi sekolah yang kondisinya berada pada wilayah terluar. Sekolah di Buton Selatan (Busel) baru tahun ini mendapat jatah Afirmasi. Olehnya itu, sekolah pun diminta memanfaatkan dana itu sebaik mungkin. Termasuk membuat pelaporan yang akuntabel.

Kepala Dinas Pendidikan Buton Selatan, La Makiki mengatakan, melihat kondisi geografis, sekolah-sekolah di wilayah kerjanya memang banyak berada di daerah terluar dengan akses terbatas. Sehingga pihaknya sempat berkecil hati ketika tak dijatah BOS Afirmasi 2019 lalu. “Tahun lalu sempat kecewa juga tidak dikasih. Sementara Buton dan Buteng itu dapat. Padahal kita di Busel ini seperti di Batu Atas sana itu layak. Alhamdulilah setelah saya persentase di pusat, akhirnya tahun ini dialokasikan,” papar La Makiki saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/8).

BOS Afirmasi untuk Busel dialokasikan sebesar Rp 3 miliar lebih dan dibagi untuk 52 sekolah. Tiap sekolah mendapat Rp 60 juta. Peruntukannya tergantung kebutuhan masing-masing. “Tahun ini kita anjurkan mereka beli tablet untuk belajar Daring dan mengakses informasi. Karena ke depan semua ujian itu sudah sistem komputer, jadi tidak boleh ada guru maupun siswa yang tak paham internet,” lanjutnya.

Sementara untuk dana BOS Reguler tahun ini sebesar Rp 16 miliar. Kemudian untuk BOS Kinerja hanya Rp 1 miliar. Untuk realisasi anggaran, ia memastikan, telah sesuai schedule pencairan. Saat ini, sekolah bersiap untuk pencairan sesi terakhir tahun 2020. “Kita tunggu LPj sampai Agustus ini, sebagai modal untuk empat bulan terakhir ke depan,” pungkasnya.

Alokasi Dana BOS Tahun 2020 di Busel :

  • BOS Afirmasi : Rp 3 miliar lebih
  • Dibagi untuk 52 sekolah
  • Tiap sekolah mendapat Rp 60 juta
  • Peruntukannya tergantung kebutuhan sekolah.
    *) Dianjurkan membeli tablet untuk belajar Daring dan mengakses informasi
  • BOS Reguler : Rp 16 miliar
  • BOS Kinerja : Rp 1 miliar (b/lyn)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy