Bupati Konawe Siap Bangun Politeknik Industri – Kendari Pos
Konawe

Bupati Konawe Siap Bangun Politeknik Industri

Kery Saiful Konggoasa


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa sangat visioner dalam menentukan arah pembangunan di otoritanya. Pembangunan infrastruktur yang digenjot, selalu beriringan dengan pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM). Terkhusus bagi warga yang dipimpinnya. Teranyar, ia berencana membangun Politeknik Industri di wilayahnya. Sekolah itu, nantinya bakal menjadi tempat menuntut ilmu bagi pekerja lokal Konawe yang hendak bekerja di perusahaan tambang di Kecamatan Morosi.

Kery S Konggoasa mengatakan, pembangunan Politeknik Industri tersebut digagas untuk meningkatkan skill atau kompetensi para pekerja lokal Konawe yang akan bekerja di perusahaan tambang di Morosi. Dengan menjalani studi di sekolah itu, proyeksinya, kedepannya serapan pekerja lokal bisa lebih besar tanpa harus mendatangkan pekerja asing dari luar negeri.

“Jadi, kita siapkan sekolah khususnya. Nanti kita datangkan juga profesor untuk mengajar di sini. Sebab, kita juga bekerja sama dengan beberapa guru besar dari Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk menggodok grand design Politeknik Industri tersebut,” ungkap Kery S Konggoasa, kemarin.

Konawe -1 itu menambahkan, rencana pembangunan kampus tersebut merupakan buah kerja kerasnya melobi pusat dalam hal penganggaran pendirian Politeknik Industri. Katanya, dalam waktu dekat, tim dari Kementerian Kemaritiman RI bakal berkunjung ke Konawe untuk melihat sejauh mana kesiapan pemkab mendukung terwujudnya pembangunan kampus itu. “Insyaallah tanggal 20 Agustus ini, tim dari pusat datang meninjau,” jelasnya.

Kery tak menyebut secara pasti berapa besar porsi anggaran pembangunan Politeknik Industri di Konawe tersebut. Ia mengaku, pihaknya menyiapkan lahan seluas 10 hektar sebagai lokasi yang nantinya bakal dijadikan tempat pembangunan kampus tersebut. Hanya saja, dirinya belum memutuskan di wilayah mana Politeknik Industri itu akan dibangun.

“Ada lahan di Morosi, ada di Pondidaha, pokoknya banyaklah. Kita lihat dulu yang mana mau dipilih. Yang jelas di kabupaten Konawe, tapi bukan juga di Unaaha. 10 hektar kita siapkan. Tapi untuk pembangunannya, 2 hektar rasanya sudah cukup,” papar mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Politisi PAN Sultra itu menjelaskan, dirinya sudah membentuk tim teknis guna percepatan rencana pembangunan Politeknik Industri di Konawe itu. Dirinya menunjuk Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan sebagai ketua tim yang juga melibatkan beberapa guru besar UHO, diantaranya Prof. Eka Suaib dan Prof. Hanna. Untuk tenaga pengajar di kampus itu nantinya, Bupati Kery juga sudah menyiapkan 40 tenaga pengajar yang akan dikirim ke luar negeri mendalami pengetahuan menyangkut teknologi dan industri.

“Pada saat kembali ke tanah air, mereka sudah siap menjadi dosen di kampus Politeknik Industri. Sebab, tenaga pengajar ini juga harus tersertifikasi khusus. Kalau ini jadi, pasti luar biasa di Konawe. Pokoknya, lain daripada yang lain,” tutup Bupati Konawe dua periode itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy