Bupati Buton Optimalkan Pendapatan Daerah – Kendari Pos
Buton

Bupati Buton Optimalkan Pendapatan Daerah

Bupati Buton, La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Buton hanya berkisar Rp 1 triliunan. Tahun ini bahkan kurang dari angka itu setelah sejumlah pos dana transfer direfocusing. Karena itu, pertumbuhan pembangunan pun tidak maksimal karena menyesuaikan dengan keterbatasan anggaran yang ada.

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan, salah satu kelemahan di otoritanya saat ini karena pendapatan asli daerah (PAD) dari sumber-sumber yang ada tak maksimal. Problemnya beragam. Ada karena kesadaran pajak masyarakat yang masih rendah dan juga inovasi pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih terbatas, khususnya dalam urusan pajak dan retribusi.

“Selama ini kita terus bergantung pada dana dari Pemerintah Pusat. Kalau tidak ada dana transfer, kita mau buat apa. Karena PAD kita masih kecil, sangat kecil,” kata Buton-1 itu.
Dalam hal PAD tersebut, tahun ini Ia sedang berjuang keras untuk mendongkrak peran Perumda Mainawa. Ke depran, perusahaan plat merah itu bisa mengantongi izin usaha pertambangan (IUP) sendiri untuk mengelola kekayaan alam Buton.

“Kita dorong Perumda supaya bisa ikut mengolah aspal di sini. Nah ini salah satu pos PAD terbesar kita kalau seandainya berhasil,” tambahnya.
Ia juga mendesak pimpinan OPD untuk konsisten mengejar target angka PAD masing-masing. “Usahakan semua bisa tercapai. Baik itu di Bapenda, perikanan, pokoknya semua dinas, kita minta itu dimaksimalkan. Kalau PAD meningkat, APBD kita juga naik. Makin banyak program yang bisa kita lakukan,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buton, Taufik Tombuli, mengakui jika perolehan PAD saat ini belum maksimal. Pihaknya hanya memproyeksi pendapatan sekitar Rp 20 miliar setiap tahun.

“Sebenarnya tahun ini kita sudah berharap akan meningkat signifikan. Karena sejumlah rumah makan sudah dibebankan pajak. Kemudian juga PBB dan BPHTB kita lakukan penyesuaian. Hanya memang ada wabah virus. Mudah-mudahan tahun depan bisa maksimal,” optimis Taufik. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy