BPKAD Muna : Serapan Anggaran Jaga Kestabilan Ekonomi – Kendari Pos
Muna

BPKAD Muna : Serapan Anggaran Jaga Kestabilan Ekonomi

KENDARIPOS.CO.ID — Ancaman resesi ekonomi nasional akibat pandemik Covid-19 juga menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Sejumlah stimulus disiapkan, diantaranya percepatan belanja pemerintah untuk meningkatkan perputaran uang di masyarakat. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta segera memulai semua kegiatan fisik maupun non fisik.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Muna, Amrin Fiini, menerangkan, Pemkab telah menerima instruksi Pemerintah Pusat ihwal potensi jatuhnya ekonomi nasional hingga minus lima persen. Daerah diminta berperan menjaga kestabilan dengan menggenjot belanja secepatnya.

“Kami akan menyurati semua OPD agar semua mengejar serapan anggaran semaksimal mungkin,” jelasnya, Senin (10/8). Ia menerangkan, kondisi APBD Muna tidak dimungkiri sangat bergantung pada belanja modal yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik yang tahun ini mencapai Rp 180 miliar. Sementara belanja yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) maupun dana bagi hasil tidak bisa terlalu diharapkan karena nilainya yang tidak seberapa setelah dikurangi belanja pegawai. Apalagi, banyak kegiatan fisik OPD yang dialihkan menjadi belanja mitigasi Covid-19.

Belanja yang sedikit membantu ada pada jaring pengaman sosial dari APBD murni maupun dana desa. “Nilainya tidak sampai Rp 100 miliar belanja modal yang bisa digenjot dari DAU ataupun DBH. Sisanya paling belanja rutin,” papar Amrin Fiini. Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Muna, Nasrun Kaeba, menyebut perekonomian daerah tahun ini akan sulit tumbuh akibat pandemik dan musibah kebakaran Pasar Laino.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi daerah sebesar 7 persen harus dirasionalisasi ulang. Sektor yang mungkin diharapkan tetap bergairah selain daripada belanja pemerintah adalah bidang pertanian. “Komoditas andalan seperti jagung kuning diharapkan bisa membantu menjaga pertumbuhan” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy