BPBD Konawe Terima Bantuan Logistik – Kendari Pos
Konawe

BPBD Konawe Terima Bantuan Logistik

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mengusulkan bantuan bagi korban banjir ke pusat, mendapat respon positif. Kamis (6/8), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI mengirim logistik dan peralatan bagi warga korban banjir di Konawe beberapa waktu lalu. Bantuan itu diberikan untuk mendukung Pemkab khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam menangani dampak sosial di fase transisi pasca banjir.

Pelaksana Tugas (Plt) BPBD Konawe, Herianto Pagala, melalui Kasubbag Program dan Perundangan-Undangan, Alfrida Yaurika, mengatakan, bantuan dari BNPB tersebut meliputi lima item. Mulai dari paket kebersihan, perlengkapan bayi, matras, perlengkapan keluarga dan sandang. Mekanisme penyaluran bantuan tersebut bakal mempertimbangkan skala prioritas di daerah mana warga yang paling membutuhkan.

“Sejauh pengamatan BPBD Konawe, paling prioritas itu di Kecamatan Kapoiala. Saat banjir kemarin, di sana ada beberapa rumah warga yang hanyut. Selain itu, di Pondidaha dan Wonggeduku juga sangat butuh bantuan,” ujar Alfrida Yaurika, Kamis (6/8). Ia menjelaskan, bantuan yang diterima itu awalnya diusulkan usai Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Konawe melakukan identifikasi di wilayah terdampak. Dari hasil pemantauan lapangan itu, BPBD Konawe kemudian mengirim laporan ke pusat dalam bentuk proposal bantuan ke BNPB. Jika disetujui, bantuan dari pusat pasti dikirim ke daerah yang mengusulkan tersebut.

“Ini bantuan pertama dari BNPB khususnya bagi penanganan banjir di Konawe. Selanjutnya, jika kondisi warga masih membutuhkan, BNPB bisa kembali mengirim bantuan tapi berdasarkan usulan dari kami,” tuturnya. Alfrida Yaurika menyebut, logistik dan peralatan itu, disimpan sementara waktu di gudang BPBD sambil menunggu hasil asesmen yang dilakukan TRC, di wilayah mana saja bantuan itu akan disalurkan. “Kemungkinan besar, pekan depan baru kita bagikan kepada warga. Pastinya jumlahnya beda-beda setiap kecamatan, tergantung banyaknya korban banjir di masing-masing wilayah,” pungkasnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy