BNNP Sultra Musnahkan 353 Kg Sabu – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

BNNP Sultra Musnahkan 353 Kg Sabu

Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Ghiri Prawijaya

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra memusnahkan barang bukti narkotika golongan 1 jenis sabu seberat 353,23 kilogram (kg). Narkoba yang dimusnahkan ini merupakan hasil pengungkapan kasus selama periode Juli hingga Agustus. Tidak hanya sebagai wujud transparansi, pemusnahan barang bukti ini untuk mencegah pengalihan atau penyalahgunakan barang haram itu. 

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Ghiri Prawijaya mengatakan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu ini merupakan output hasil pengungkapan jaringan tindak pidana narkotika di wilayah hukum Sultra. Katanya, ini merupakan kali keempat BNNP melakukan pemusnahan pada tahun 2020.

“Barang bukti narkotika berasal dari tiga kasus tindak pidana. Tersangka inisial MR dengan barang bukti yang di musnahkan sejumlah 16,99 gram. Tersangka inisial SM dengan barang bukti sebanyak 94,23 gram. Dan tersangka inisial I dengan barang bukti sekira 94,01 gram. Tiga tersangka itu, ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda,”kata Ghiri Prawijaya kepada Kendari Pos, Kamis (20/8). 

Sebelum pemusnahan kata jenderal bintang satu ini, pihaknya melakukan pengecekan di laboratorium untuk memastikan barang bukti tersebut metamfetamin yang tidak dipalsukan. 

“Upaya pengecekan di laboratorium sebagai bentuk kerja serius dan berkualitas BNNP Sultra untuk mengetahui pasti barang bukti  hasil pengungkapan benar-benar metamfetamin. Barang bukti ini telah mendapatkan surat ketetapan status dari Kejari Kendari. Sesuai UU nomor 35 tahun 2009, barang buktinya kita musnahkan,” jelasnya.

Proses pemusnahan barang bukti ini dilakukan dengan menggunakan mesin incinerator di halaman Kantor BNNP Sultra. Pemusnahan ini turut dihadiri perwakilan dari Kejati Sultra, Polda Sultra, Kejari Kendari, Pengadilan Negeri Kendari, Dinas Kesehatan Sultra, Kepala BPOM Kendari dan intansi terkait lainnya. (b/m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy