Beras Bantuan Dituding Berkualitas Rendah, Dinsos Konawe : Semua Layak Konsumsi – Kendari Pos
Konawe

Beras Bantuan Dituding Berkualitas Rendah, Dinsos Konawe : Semua Layak Konsumsi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe menepis tudingan jika bantuan pangan non tunai (BPNT) yang disalurkan pada keluarga penerima manfaat (KPM) berkualitas rendah. Hal tersebut menjawab tuduhan oknum tak bertanggung jawab yang menyebut salah satu e-Warung di kecamatan Konawe menyalurkan beras tak layak konsumsi. Kepala Dinsos Konawe, Agus Suyono, menyebut, hal itu tidak mendasar.

“Saya sudah kroscek di kios yang dilaporkan itu. Saya melihat langsung kondisi Sembako yang disalurkan untuk bulan Juli-Agustus. Itu tidak sesuai fakta, bahkan oknum yang menuduh itu terkesan mengambil sampel di tempat lain,” ujar Agus Suyono. Ia tak menyoal jika penuding dugaan beras bermutu jelek tersebut ingin melapor ke pihak berwajib. Sebab ia yakin, aduan dari oknum itu tidak memiliki dasar bukti yang kuat. Ia juga menyebut, kewenangan Dinsos Konawe terkait penyaluran BPNT yakni melakukan kontrol dan pengawasan bantuan pada KPM.

Kontrol itu, meliputi aspek ketepatan waktu dan kualitas bantuan tersebut. “Jumlah bantuan yang diterima setiap KPM juga kita awasi. Kami bersinergi dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan. Kita juga tidak ada hubungan langsung dengan suplier yang menyediakan beras BPNT itu,” tuturnya. Agus menambahkan, kios yang ditunjuk sebagai e-Warung penyalur BPNT, koordinasinya berada di salah satu lembaga Perbankan dan Dinsos Konawe. Syarat penunjukan e-Warung, katanya, haruslah kios penjual Sembako. Kemudian, titiknya berada di tengah-tengah warga penerima KPM.

Kepala Dinas Sosial Konawe, Agus Suyono (kanan) bersama Suplier BPNT, Burhan (kiri) usai meninjau salah satu e-Warung penyalur BPNT di Kecamatan Konawe.

“Satu titik e-warung itu minimal mengakomodir 250-300 KPM. Sementara itu yang kami jadikan acuan,” ungkap mantan Kepala SMA Negeri 1 Wawotobi itu. Di tempat yang sama, Suplier BPNT Kabupaten Konawe, Burhan, menjelaskan, pihaknya selalu mengutamakan pelayanan yang optimal bagi KPM. Beras yang disuplainya merupakan kualitas bagus dengan jenis medium bahkan premium. Setiap kali mendrop beras ke e-Warung, ia mengaku selalu diawasi pihak Dinsos Konawe. “Untuk menjadi suplier juga kita daftar online, kemudian Bulog yang tetapkan. Makanya, kita juga kesal kalau ada oknum yang bilang kualitas beras BPNT jelek. Saya keberatan dan akan segera melaporkan penyebar fitnah itu ke aparat penegak hukum,” pungkasnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy