Bakal Calon Kada Diwajibkan Tes Swab – Kendari Pos
Politik

Bakal Calon Kada Diwajibkan Tes Swab

KENDARIPOS.CO.ID — Penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi Covid-19 menerapkan protokol kesehatan. Bakal calon (Balon) kepala daerah (Kada) di tujuh kabupaten di Sultra yang akan mengikuti Pilkada diwajibkan mengikuti tes swab Covid-19.

Anggota KPU Sultra Iwan Rompo (dua kiri) bersama Ketua KPU Konsel, Aliudin (dua kanan) saat sosialisasi syarat pencalonan dan syarat calon di Hotel Wonua Monapa.

Hal tersebut diungkapkan Anggota KPU Sultra Iwan Rompo saat menjadi pemateri pada kegiatan tahapan sosialisasi syarat pencalonan Balon bupati dan wakil bupati yang digelar KPU Konsel, akhir pekan lalu. Katanya, semua figur yang akan berlaga di Pilkada wajib mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Sultra ini mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan figur itu diatur dalam surat keputusan KPU nomor 231 tahun 2017 tentang prosedur pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah. “Dalam surat keputusan itu telah dijelaskan yang boleh memeriksa adalah rumah sakit pemerintah tipe A. Namun tidak ada di Sultra, maka tipe B. Nah satu-satunya rumah sakit tipe B di Sultra adalah RSU Bahteramas,” ungkapnya.

Katanya, KPU telah bersepakat dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk untuk menggelar pemeriksaan kesehatan Balon Kada di RSU Bahteramas. “Jadi bukan Balon yang tunjuk lokasi pemeriksaan kesehatan, tapi KPU yang tentukan. Sehingga semua daerah di Sultra yang akan Pilkada, maka tes kesehatan Balon Kada dipusatkan di RSU Bahteramas. Kewajiban rumah sakit itu menyiapkan tim independen dan profesional. Jadi ada dari IDI, juga dari Badan Nasional Narkotika,” tambahnya.

Adapun yang menjadi syarat tim pemeriksa itu, yakni harus netral. Apabila tim medis pernah memeriksa Balon tertentu, maka tidak diperkenankan untuk memeriksa pada saat tes kesehatan Balon nanti. Medis akan bekerja secara profrsional sesuai standar operasional prosedur. “Jadi KPU tak asal main tunjuk, kita selalu mengedepankan profesionalitas. Walaupun keputusan itu masih mau disempurnakan, karena di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy