Aset Kementerian PUPR Diserahkan ke Pemkab dan USN – Kendari Pos
Kolaka

Aset Kementerian PUPR Diserahkan ke Pemkab dan USN

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei (kiri) saat menerima pemanfaatan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian PUPR

KENDARIPOS.CO.ID — Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan pemanfaatan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka. Di hari yang sama, lembaga tersebut juga meresmikan dua gedung Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka yang telah tuntas pengerjaannya di Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kementerian PUPR Sultra, Mustaba, mengungkapkan, penyerahan pemanfaatan RTH yang terletak di eks Terminal Latambaga tersebut merupakan kado spesial instansinya pada Pemkab Kolaka pada mometum peringatan HUT RI ke-75. Kata dia, dengan adanya program Kotaku maka wajah Kolaka menjadi lebih baik.
“Kami telah berupaya membangun RTH ini agar bisa digunakan masyarakat. Kami berharap senantiasa dijaga dan memelihara fasilitas tersebut dengan baik. Sebab ini bisa menjadi jalan untuk memperoleh anggaran tahap ke dua,” ungkapnya.

Setelah melakukan penyerahan pemanfaatan RTH kepada Pemkab Kolaka di eks Terminal Latambaga, Tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sultra Kementerian PUPR bergerak ke Kecamatan Tanggetada. Di lokasi itu, lembaga tersebut menyerahkan pengelolaan dan pemanfaatan pembangunan rumah khusus nelayan di Desa Palewai dan meresmikan dua gedung USN Kolaka yang telah tuntas pembangunannya di Desa Popalia. Gedung USN Kolaka yang diresmikan tersebut adalah gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek).

Mustaba mengatakan, penyelesaian dua gedung di USN Kolaka tersebut memerlukan proses yang cukup panjang. Sebab pihaknya memerlukan laporan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Kita tahu bersama bahwa bangunan ini bermasalah secara hukum. Kementerian PUPR menyetujui kelanjutan pembangunan gedung mangkrak ini setelah menerima laporan hasil audit BPK. Kami juga berharap agar gedung ini dapat terjaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei mengatakan, untuk mendapatkan program PUPR, pihaknya harus bekerja keras untuk menyakinkan Pemerintah Pusat. Untuk itu, dirinya meminta agar program yang telah didapatkan tersebut dapat dijaga dan dirawat sebaik-baiknya. “Dengan adanya program Kotaku ini wajah Kolaka terlihat lebih rapih dan tertata. Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR atas terealisasinya bantuan perumahan khusus nelayan ini. Kami berharap bantuan pembangunan ini dapat berlanjut pada tahun anggaran 2021 mendatang,” ujarnya, kemarin.

Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari juga menuturkan terima kasih pada pihak Kementerian PUPR. Ia mengatakan, kedua bangunan perkuliahan yang telah dituntaskan tersebut kini sudah layak untuk digunakan.
“Semoga pemerintah dapat menyelesaikan gedung rektorat yang juga mangkrak. Kami harap wajah USN kolaka tahun ke tahun semakin bagus,” harapnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy