Ali Mazi : Gerakan Pramuka Sebagai Pionir Pemersatu Bangsa – Kendari Pos
Metro Kendari

Ali Mazi : Gerakan Pramuka Sebagai Pionir Pemersatu Bangsa

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Perayaan hari Pramuka tahun 2020 berlangsung sederhana. Kendati demikian, peringatan hari jadi 59 tahun ini tak mengurangi makna gerakan Pramuka. Sebagau organisasi di luar lingkungan sekolah, Pramuka menjadi wadah pendidikan dengan sasaran pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

Di Sultra, peringatan puncak HUT Pramuka di gelar di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Jumat (14/8). Upacaranya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Selain pesertanya terbatas, sejumlah acara seromoni pun turut ditiadakan.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengaku ada perasaan haru dan sedih merayakan HUT Pramuka tahun ini. Pasalnya, hari jadi pramuka selalu digelar secara meriah. Namun tahun ini cukup sederhana. Ini dilakukan demi menjaga agar semua tetap sehat, dan tidak terpapar oleh virus Corona.

“Selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sultra, saya salut dan apresiasi kepada keluarga besar Gerakan Pramuka Sultra yang telah berupaya semaksimal mungkin menyelenggarakan perayaan HUT Pramuka ini. Meski dalam kondisi dan suasana pandemi Covid-19,” kata Ali Mazi, Jumat (14/8).

Sebagai organisasi sambungnya, tidak sedikit peran dan darma bakti gerakan Pramuka yang telah diberikan kepada bangsa dan negara. Baik melalui pendidikan maupun melalui jalur bakti sosial yang langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat. Hal ini tertuang dalam program kerja dan kegiatan tahunan yang dirancang secara berkesinambungan.

“Realitas ini menunjukkan betapa kakak-kakak dan adik-adik tercinta, dapat menunjukkan eksistensi gerakan pramuka sebagai sebuah organisasi sosial yang memiliki kepedulian besar dalam mengambil bagian dari pembangunan yang digalakkan oleh pemerintah. Meskipun harus diperhadapkan dalam situasi dan kondisi bangsa yang terkadang tidak bersahabat, seperti sekarang ini,” kata Politisi Partai NasDem itu.

Untuk itulah, ia menitip harapan yang sangat besar agar kerja-kerja nyata gerakan pramuka. Mulai di level nasional, maupun di level daerah Sultra tetap berkoordinasi kepada pemerintah daerah selaku pembimbing organisasi di daerah. Utamanya dalam merealisasikan ‘Peran Gerakan Pramuka dalam Ikut Serta Membantu Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara’ sebagai tema dan spirit perayaan HUT Pramuka tahun ini.

“Tema ini tidak terbatas dalam hiruk pikuk perayaan HUT Pramuka ini saja, tetapi lebih dari itu. Mari kita jadikan ‘total spirit’ dalam melakukan aksi kemanusiaan nyata secara bersama dalam membantu pemerintah menanggulangi penyebaran Covid-19 di masyarakat,” ajak gubernur. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy