Aktivitas Tambang di Pomalaa Kembali Disorot – Kendari Pos
Kolaka

Aktivitas Tambang di Pomalaa Kembali Disorot

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk kesekian kalinya, mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar aksi unjuk rasa menyorot aktivitas pertambangan di Kecamatan Pomalaa. Aksi yang digelar di depan Kantor DPRD Kolaka,Senin (10/8) itu, diwarnai dengan aksi bakar ban bekas. Para demonstran juga melakukan aksi teatrikal dengan menghambur tanah merah di jalanan depan Kantor DPRD Kolaka. Sekelompok mahasiswa tersebut memperagakam keresahan warga Kecamatan Pomalaa yang harus melintasi jalan raya yang berlumpur karena adanya aktivitas pertambangan. Akibat aksi tersebut, lalu lintas di Jalan Pemuda tepatnya di Kantor DPRD Kolaka dialihkan ke jalur lain.

Salah seorang peserta aksi menilai, aktivitas pertambangan di Kecamatan Pomalaa telah melanggar aturan dan ketentuan yang sebelumnya telah disepakati dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak DPRD Kolaka dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tenggara. “Ada beberapa poin dalam kesepakatan saat RDP. Tapi semuanya dilanggar. Salah satu bukti pelanggaran adalah, tidak adanya penutup terpal saat pengangkutan material tambang,” bebernya.

Dengan masih adanya pelanggaran yang dilakukan sejumlah perusahaan tambang di Kecamatan Pomalaa, massa menuntut agar izin perusahaan tambang tersebut segera dicabut. “Kami minta BPJN Sultra segera mencabut izin penggunaan jalan dari perusahaan tambang yang beroperasi tersebut. Izin Perusda, BDM dan PMS harus dicabut,” desaknya.

Sayangnya, keinginan demonstran untuk bertemu Ketua DPRD Kolaka, Sainal Amrin tidak dapat terpenuhi. Sebab Sainal Amrin sedang tidak berada di tempat. Wakil Ketua II DPRD Kolaka, Syarifuddin Baso Rantegau dan Anggota Komisi II, Musdalim Zakkir yang hendak menerima peserta aksi mendapat penolakan. Meski hujan deras, mahasiswa bertahan hingga sore hari untuk bertemu Ketua DPRD. Massa baru membubarkan diri setelah Kapolres Kolaka, AKBP Saiful Mustofa turun langsung bertemu dan melakukan dialog dengan mahasiswa. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy