Aktivitas Perusahaan Sawit di Konut Disorot – Kendari Pos
Konawe Utara

Aktivitas Perusahaan Sawit di Konut Disorot

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit berbendera PT Damai Jaya Lestari (DJL) di Konawe Utara (Konut) mendapat sorotan. Pasalnya, pihak perusahaan tersebut dianggap melakukan wanprestasi atau ingkar janji pada petani plasma, khususnya di Kecamatan Langgikima.

Tudingan tersebut dilontarkan Ketua Komisi I DPRD Konut, Herman Sewani. “Minggu depan kita agendakan rapat dengar pendapat dengan manajemen PT DJL,” tegas Ketua DPC PBB Konut itu, Rabu (5/8). Herman menuturkan sejak melakukan eksploitasi lahan milik masyarakat, manajemen PT DJL dianggap melakukan wanprestasi terhadap warga. Terutama di Desa Sari Mukti dan Tobimeita, Kecamatan Langgikima.

“Wanprestasi pada masyarakat itu khususnya dalam bagi hasil perkebunan dengan pola pembagian 40-60. Kenyataannya, warga hanya mendapatkan hasil sekitar Rp 100 ribu perbulan. Apa yang bisa dihidupkan dengan bagian seperti itu,” sindir Herman Sewani. Selain wanprestasi, DPRD Konut mensinyalir pihak PT DJL yang melakukan ekspansi lahan di Kecamatan Langgikima dan Wiwirano tidak memiliki izin budi daya. “Nanti di RDP kita buka satu-satu dugaan pelanggarannya. Supaya masalah terang menderang,” tandasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy