Adu Wawasan Kebangsaan, SMP Frater Kendari A Juara I Lomba Cerdas Cermat – Kendari Pos
Nasional

Adu Wawasan Kebangsaan, SMP Frater Kendari A Juara I Lomba Cerdas Cermat

Manajer EO Kendari Pos Nursyamsi Abidin menyerahkan hadiah kepada juara I cerdas cermat SMP Frater Kendari


KENDARIPOS.CO.ID — Menanamkan nilai perjuangan dan sejarah bangsa dalam merebut kemerdekaan kepada siswa adalah tanggung jawab Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Kendari. Menunaikan salah satu fungsi pers yakni fungsi pendidikan adalah tugas koran Kendari Pos sebagai perusahaan media massa.

Kolaborasi Pemkot Kendari melalui Dikmudora dan Kendari Pos tertuang dalam Semarak Kemerdekaan dengan menggelar lomba bernuansa kemerdekaan RI, lomba mewarnai dan cerdas cermat. Rabu (26/8) kemarin, siswa SMP saling adu wawasan akan kemerdekaan RI dan wawasan kebangsaan. Hasilnya, SMP Frater A berhasil meraih gelar juara I, disusul SMP Frater B di posisi juara II, dan juara III diraih MTs Ummushabri Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir melalui Asisten I Setda Pemkot Kendari, Makmur terpukau melihat kemampuan dan kecerdasan peserta. Menurutnya, lomba cerdas cermat ini harus menjadi pemantik semangat perjuangan anak-anak sekaligus menumbuhkan jiwa sportivitas.”Yang terpenting adalah bagaimana wawasan tentang Indonesia harus tumbuh dalam diri kita semua, terutama kepada anak-anakku di bangku sekolah,” ujar Makmur di Gedung Graha Pena Kendari Pos, Rabu kemarin.

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena saat ini pandemi Covid-19 belum mereda. Kendati begitu, Makmur berharap kondisi pandemi tidak boleh menurunkan semangat kemerdekaan dalam jiwa setiap warga Kota Kendari. “Wali kota meminta kepada kita semua, mari bergabung bersama pemerintah dalam memerangi virus corona. Jadilah pahlawan masa kini dengan cara tetap taat dan patuh akan protokol kesehatan disetiap aktivitas yang kita lakukan,” kata Makmur.

Menurut Makmur, Wali Kota Kendari juga menitip pesan kepada anak-anak sekolah di Kota Kendari agar tetap rajin belajar agar kelak bermanfaat untuk daerah, Sultra dan bangsa Indonesia. “Kalianlah yang akan menjadi pemegang tongkat estafet selanjutnya. Teruslah belajar sebaik mungkin, sebab Indonesia, Sultra dan Kota Kendari membutuhkan kalian sebagai agen perubahan, yang membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik ke depannya,” ungkap Makmur.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin melalui Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi mengapresiasi Pemkota Kendari yang telah memercayakan Event Organizer Kendari Pos sebagai penyelenggara acara Semarak Kemerdekaan ini. “Semarak kemerdekaan ini adalah semangat kita semua sebagai anak bangsa dan warga negara. Semua bertanggung jawab mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai nasionalisme,” ujarnya.

Manajer Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan lomba cerdas cermat ini bertujuan menstimulasi para siswa agar memahami dan tak melupakan perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, agar peserta dapat berkontribusi dalam merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Mengingat kemerdekaan diraih bukan hanya dari satu golongan saja sehingga sangat penting mengingatkan anak-anak kita akan semangat persatuan dengan cara mengasah wawasan kebangsaan,” ungkapnya.

Nursyamsi menjelaskan, lomba cerdas cermat dibagi dalam beberapa sesi. Setiap sesi terdiri dari empat regu dan masing-masing regu berjumlah tiga orang. “Semua sekolah mengirimkan murid terbaiknya dan mereka semua mempersiapkan diri dengan sebaik,” ujarnya.

Elvira Talanipa, salah seorang juri lomba cerdas cermat tingkat SMP mengaku dibuat terkesima akan keluasan pengetahuan dan wawasan peserta. “Saya bangga dan kagum melihat kecerdasan siswa siswi SMP di Kota Kendari. Semuanya begitu bersemangat, dan wawasan mereka mengenai nilai-nilai kebangsaan, sejarah, dan Covid-19, patut diacungi jempol,” ungkapnya. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy