Adu Pengetahuan Lalu Lintas, SDN 1 Kendari Juara Lomba Cerdas Cermat PNKJ BPTD – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Adu Pengetahuan Lalu Lintas, SDN 1 Kendari Juara Lomba Cerdas Cermat PNKJ BPTD

Peserta lomba Cerdas Cermat PNKJ BPTD Sultra 2020 bersama guru pendamping masing-masing usai berkompetisi di aula Graha Pena Kendari Pos, Kamis (27/8) kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Lomba cerdas cermat menjadi pilihan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra untuk menanamkan doktrin keselamatan jalan dan tertib lalu lintas sejak dini. BPTD Sultra menggandeng event organizer Kendari Pos sebagai penyelenggaranya.

Aroma kompetisi dalam mengadu dan mengasah pengetahuan keselamatan jalan dan lalu lintas begitu kental dalam lomba cerdas cermat di gedung Graha Pena Kendari Pos, Kamis (27/8) kemarin. Peserta saling mendahului rivalnya mengumpulkan skor dengan menjawab pertanyaan pengetahuan tentang keselamatan jalan dan tertib lalu lintas.

Lima regu saling mengejar skor. Tensi kompetisi kian tinggi pada babak rebutan. Setiap regu rebutan untuk menjawab soal dari dewan juri. Pada akhirnya, ada yang menjadi kampiun dan selebihnya menempati peringkat berikutnya sesuai perolehan skor hingga babak akhir.

SDN 1 Kendari menabalkan diri sebagai kampiun lomba cerdas cermat dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) tahun 2020. SDN 1 Kendari meraih juara I dengan skor 450. Disusul, SD Smart School Kendari sebagai juara II dengan skor 400. Sedangkan juara III direbut siswa SD 49 Kendari dengan raihan nilai 350. Juara IV di tempati SD 92 Kendari dengan perolehan skor 200. Juara V,
SDN 84 Kendari/A dan MI Al-Mu’minin/B sebagai juara VI.

Bahkan, kontestan juga bisa memahami tentang Road Safety Partnership Action (RSPA). Sebuah program kemitraan yang bertujuan meningkatkan kualitas keselamatan serta menurunkan fatalitas korban kecelakaan berlalu lintas. Dengan pemahaman anak terkait pentingnya arti keselamatan akan menjadi budaya sejak agar bisa mengimplementasikan etika berlalu lintas di masa mendatang.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengungkapkan, kegiatan lomba cerdas cermat ini merupakan sarana menanamkan edukasi atau pemahaman tentang lalu lintas. Agar mereka sejak dini mengerti dan mengaplikasikan dengan baik tata cara berlalu lintas yang baik dan benar.

“Dengan begitu, bisa menjadikan generasi milenial yang lebih tertib ketika di jalan raya. Bisa mematuhi regulasi lalu lintas dengan baik. Agar keselamatan jiwa dan raga senantiasa terjaga,” terangnya.

Sementara itu, Manajer Event Organizer (EO) Kendari Pos, Nusyamsi Abidin mengatakan juara I hingga III mendapat piala, uang tunai dan sertifikat.
“Insya Allah tahun depan akan digelar kembali kegiatan serupa. Agar semarak kemerdekaan dan keselamatan lalu lintas dapat lebih dihayati dan dijiwai para generasi milenial,”kata Nursyamsi Abidin kepada Kendari Pos, Kamis (27/8).

Nurhida, salah seorang dewan juri lomba cerdas cermat PNKJ Sultra 2020, Nurhida mengungkapkan kemasan pertanyaan yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi pada pengetahuan tentang berlalu lintas mampu dijawab oleh peserta. Pertanyaan terkait Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan juga dikuasai oleh kontestan. Tentu dalam cerdas cermat ini, sebagian pengetahuan umum juga dimasukkan untuk melihat kualitas siswa.

“Kecakapan anak-anak kita menjawab pertanyaan seputar keselamatan berlalu lintas, etika berkendara, rambu-rambu lalu lintas serta aturan berlalu lintas menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang sangat luar biasa. Jenis-jenis marka jalan dan fungsinya juga mereka sudah pahami,” ungkap Nurhida usai pelaksanaan lomba cerdas cermat PNKJ Sultra 2020 di aula Graha Pena Kendari Pos, Kamis (27/8). (m6/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy