Abu Hasan Fokus Pulihkan Ekonomi – Kendari Pos
Buton Utara

Abu Hasan Fokus Pulihkan Ekonomi

Abu Hasan


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 berefek terhadap pertumbuhan ekonomi. Negara menuju krisis. Tak ada solusi selain kembali melonggarkan aktivitas masyarakat agar lebih produktif. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) telah resmi menerapkan tatanan kehidupan baru dan diharapakan berefek terhadap pemulihan perekonomian di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara tersebut.

Bupati Butur, Abu Hasan, mengungkapkan, pihaknya terus melakukan upaya untuk membangkitkan kembali gairah perekonomian daerah. Usaha mikro, kecil menengah sebagai penopang utama. Salah satu solusinya, UMKM dilibatkan dalam pengadaan bantuan sosial sehingga pelaku usaha tidak gulung tikar.

“Meskipun kran aktivitas masyarakat dibuka, kesadaran untuk hidup dalam protokol kesehatan yang ketat sangat diperlukan. Jaminan yang tak kalah penting, ketersediaan dana untuk memulihkan sejumlah keterpurukan yang terjadi di berbagai sektor, terutama ekonomi,” ujar Abu Hasan, kemarin.

Aspek lain, membiarkan masyarakat terpapar Covid-19 akibat perilaku hidup yang ceroboh juga tidak diinginkan. Oleh karena itu, ketersediaan anggaran menjadi syarat mutlak pemulihan ekonomi yang mendesak dilakukan setelah penanganan kesehatan.
Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu menambahkan, sektor yang semestinya diutamakan untuk diselamatkan adalah UMKM sebagai tulang punggung perekonomian, mulai dari pedagang sayur-mayur, buah-buahan, warung makanan dan jenis usaha lainnya.

Kembalinya masyarakat dalam tatanan normal baru yang produktif dan aman Covid-19 diharapkan mampu menghidupkan kembali perekonomian. UMKM dapat kembali tumbuh, pelayanan pemerintah menjadi lebih produktif, belanja pemerintah sebagai alat menaikkan produk domestik bruto kembali mengalir. “Jika ini mampu diwujudkan, maka tidak mustahil pertumbuhan ekonomi Butur kembali naik pada berbagai sektor. Yakni, penyumbangnya dibidang pertanian, perikanan, peternakan dan usaha kecil menengah sebagai pelecut utama,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy