4.666 Mahasiswa UHO Bakal Terima Pembebasan UKT – Kendari Pos
Edukasi

4.666 Mahasiswa UHO Bakal Terima Pembebasan UKT

Mahasiswa UHO saat mengikuti pendidikan bela negara, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai bentuk kepedulian Universitas Halu Oleo (UHO) kepada mahasiswa yang mengalami permasalahan ekonomi akibat dampak dari Covid-19, UHO telah memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melakukan pengajuan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Wakil Rektor I La Hamimu menyampaikan, mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membayar UKT telah melakukan pengajuan dengan mengisi formulir secara online di laman yang yang telah disediakan. “Sebanyak 4.666 nama mahasiswa telah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), untuk dilakukan Verifikasi,” jelasnya pada Kendari Pos, Selasa (18/8).

Namun, hasil verifikasi yang dilakukan oleh Kemendikbud, sekitar 700 data mahasiswa bermasalah sehingga tidak bisa diproses. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa mahasiswa ketika melakukan pengisian formulir pengajuan penyesuaian UKT tidak mengisinya dengan benar. Seperti, pengisian Nomor Induk Keluarga (NIK). Bahkan ada juga beberapa mahasiswa yang belum terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). “Ya, sekitar 700 data mahasiswa yang telah kita ajukan tidak bisa diverifikasi. Sebab ada beberapa mahasiswa yang NIK nya tidak terbaca oleh sistem. Ini dikarenakan ketika mereka memasukkan NIK tidak dengan teliti,” akunya.

Sementara NIK tersebut sangat diperlukan guna melakukan sinkronisasi dengan Dinas Sosial (Dinsos). Guna mengetahui apakah mahasiswa yang telah mengajukan pembebasan UKT tersebut memang mengalami kesulitan akibat dampak dari Covid-19. ”Selain kesalahan memasukkan NIK, terdapat juga beberapa mahasiswa yang belum terdaftar di PDDIKTI. Ini juga menjadi permasalahan yang paling banyak ditemui oleh Kemendikbud,” imbuhnya.

Mahasiswa yang datanya bermasalah otomatis telah dinyatakan gugur untuk mendapatkan pembebasan UKT. Sehingga untuk memenuhi kuota 4.666 yang telah ditetapkan tersebut, pihaknya akan mengambil data-data mahasiswa yang juga melakukan pengajuan penyesuaian UKT sebelumnya. “Kita tidak punya waktu lagi untuk membuka pendaftaran berikutnya lagi. Sebab, saat ini kita sudah dimintai data tambahan oleh Kemendikbud,” tuturnya.

Bagi mahasiswa yang telah dinyatakan memperoleh pembebasan UKT, akan diumumkan di Siakad masing-masing. Sementara bagi yang tidak mendapatkan pembebasan UKT, diharuskan membayar UKT dengan memberikan penambahan waktu pembayaran. “Sebelumnya mahasiswa yang telah mengajukan pembebasan UKT diimbau untuk tidak melakukan pembayaran lebih dahulu. Sampai hasil pengumumannya keluar,” tandas Hamimu. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy