38.541 Peserta KB Aktif, Baby Boom Dipastikan Tak Terjadi di Kendari – Kendari Pos
Metro Kendari

38.541 Peserta KB Aktif, Baby Boom Dipastikan Tak Terjadi di Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Ledakan angka kelahiran atau “Baby Boom” kini menjadi fenomena unik. Di sejumlah daerah di Indonesia, angka kelahiran mengalami peningkatan selama masa pandemi. Agar fenomena ini tak berimbas di Kota Kendari, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) intens melakukan penyuluhan di lapangan. “Meskipun pandemi Covid-19, petugas kami tetap melakukan penyuluhan secara door to door kerumah warga. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes),” kata Hasria, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari, kemarin.

Dalam menjalankan tugas, penyuluh KB mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan alat kontrasepsi. Selain itu, meminta pasangan menunda kehamilan. Pasalnya, wanita yang hamil sangat rentan terinveksi virus karena daya tahannya yang menurun. Apalagi sebagai besar tenaga kesehatan (nakes) fokus pada upaya percepatan penanganan Covid-19.

Ia optimis fenomena baby boom terjadi di Kota Kendari. Apalagi jumlah akseptor KB di Kota Kendari cukup besar. Belum lama ini, pihaknya melayani 2.164 akseptor atau tepatnya pada perayaan Harganas. Hingga juni 2020, kepersertaan KB aktif di Kota Kendari tercatat sebesar 38.541 orang (lengkapnya lihat grafis). Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengajak seluruh masyarakat Kota Kendari untuk merencanakan tahapan keluarga dimasa mendatang, agar menjadi keluarga berkualitas. Untuk membangun sebuah keluarga, harus direncanakan. Sebab tiap keluarga harus mampu menyiapkan generasi yang bisa menjawab tantangan di masa depan.

Sejauh ini, pertumbuhan penduduk di Kota Kendari menunjukan tren positif. Upaya pengendalian penduduk berjalan sesuai rencana. “Trenya sudah baik. Pertumbuhan penduduknya di Kota Kendari lebih disebabkan urbanisasi bukan faktor meningkatnya angka kelahiran,” jelasnya. (b/ags)

Kepersertaan KB Aktif di Kota Kendari
Alat Kontrasepsi Jumlah
– IUD 3.280 Akseptor
– MOW 1.506 Akseptor
– MOP 114 Akseptor
– Kondom 813 Akseptor
– Implan 5.314 Akseptor
– Suntik 13.455 Akseptor
– Pil 14.059 Akseptor
– Total 38.541 Akseptor

Angka Kelahiran
Kota Kendari 2,6 Persen
Pemprov Sultra 2,9 Persen

Sumber Data : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) Kota Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy