160 Kelompok Tani di Kolut Dapat Bantuan Dana Rp 5 Miliar – Kendari Pos
Kolaka Utara

160 Kelompok Tani di Kolut Dapat Bantuan Dana Rp 5 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mentransfer dana sebesar Rp 5 miliar ke rekening Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka utara (Kolut). Anggaran tersebut merupakan dana pengganti pembiayaan permintaan kebutuhan 160 kelompok tani di Bumi Patowonua yang sebelumnya ditalangi melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kolut, Samsu Ridjal, menjelaskan, Rp 5 miliar dana yang ditalangi sebelumnya oleh Pemkab itu sesuai pengajuan proposal para kelompok tani. Mereka akan membelanjakan sendiri kebutuhan sesuai rincian permohonan yang diajukan. “Sementara kami kroscek barang pengadaannya. Jika sudah lengkap, akan dibagikan ke anggota masing-masing, disaksikan pendamping dan penyuluh di lapangan,” papar Samsu Ridjal, Rabu (12/8).

Pengadaan barang pertanian itu merupakan program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling up Initiative (READSI) yang berlangsung sejak 2019. Pada tahun itu, semua kelompok tani fokus mengikuti sekolah lapangan. “Tahun ini baru masuk belanja kebutuhan yang mereka lakukan sendiri, karena uangnya sudah ditranfer ke rekening masing-masing,” katanya.

Ada tiga kategori utama belanja kelompok tani yakni pengadaan bibit jagung, kakao, tanaman pekarangan dan hortikultura lainnya serta pupuk. Program ini memang diluncurkan Kementerian Pertanian dengan biaya pemenuhan permohonan petani dicairkan oleh Kemenkeu. “Kami biayai lebih dulu karena anggaran itu baru digantikan jika programnya berjalan dan direalisasikan,” ujarnya. Dalam satu kelompok terdiri dari 25 anggota. Program ini belum berakhir dan masih berlanjut hingga realisasi kegiatan tuntas. Pihaknya masih mempunyai waktu hingga kegiatan itu tuntas 2022 mendatang. “Mulai dari sekolah lapang hingga kegiatan pencapaian petani dianggap membuahkan hasil,” pungkas Samsu Ridjal. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy