12 Pejabat Pemprov Siap Tunaikan Instruksi Gubernur – Kendari Pos
Nasional

12 Pejabat Pemprov Siap Tunaikan Instruksi Gubernur

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra definitif, Asrun Lio dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sultra, Ridwan Badallah adalah dua dari 12 orang yang dilantik Gubernur Sultra, Ali Mazi, kemarin. Semua pejabat yang dilantik berkomitmen bergerak cepat menunaikan instruksi gubernur.

Menjadi orang pilihan dari proses seleksi ketat, Asrun Lio dan Ridwan Badallah berkomitmen mendukung dan siap membantu gubernur untuk mewujudkan visi misi yang terjewantahkan dalam Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan (Garbarata).

Asrun Lio yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kadis Dikbud Sultra sudah sangat paham akan tupoksinya yang mengurusi dunia pendidikan yang berkaitan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Sultra. Dia akan melangkah cepat menuntaskan beberapa “pekerjaan rumah” yang menantinya.

Hal mendasar akan dituntaskannya adalah persoalan distribusi dan pemerataan guru di setiap sekolah. “Sebenarnya kalau tugas dan tanggung jawab saat definitif dan Plt tetap sama. Tetapi jika definitif otomatis kewenangan sudah lebih penuh. Tetapi saat ini yang masih menjadi catatan kita adalah distribusi guru-guru disetiap sekolah dan ini akan kita optimalkan kembali, “terangnya. Pekerjaan tertunda lainnya adalah perbaikan sarana dan prasarana pendidikan. “Dari delapan standar pendidikan itu yang paling mencolok yakni standar guru dan tenaga pendidikan serta standar sarana dan prasarana. Saat ini di Sultra kita masih temukan sekolah yang tenaga pengajarnya hanya satu PNS, tetapi di sekolah lain ada juga yang kelebihan atau bahkan menumpuk tenaga PNS. Jadi ini yang perlu kita atur kembali,” ungkap Asrun Lio.

Akibat distribusi guru yang tidak merata ini, ada beberapa guru yang jam mengajarnya kurang dan ada pula yang lebih. Dikbud Sultra saat ini mengidentifikasi sekolah-sekolah mana saja yang gurunya cukup dan berlebih. “Dengan begitu kita dapat secepatnya distribusi sesuai kebutuhan di sekolah sekolah yang memang kekurangan, ” kata Asrun.

Untuk menyiasati kekurangan guru PNS dengan mengangkat guru kontrak yang di SK-kan gubernur. Statusnya sebagai guru tetap nonPNS.
“Karena saat ini SK gubernur terbatas, maka setiap sekolah diberi izin dapat mengangkat sendiri guru tetap non PNS. Upaya ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan kualitas dan jam kerja para guru honorer kita, “pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah mengatakan akan segera menunaikan sejumlah program kerja (Proker) yang digagasnya. Tiga strategi pendukung untuk menyukseskan program kerja gubernur telah disiapkan Ridwan Badallah.

“Karena saya sudah definitif maka akan memurnikan kinerja sesuai dengan visi misi gubernur. Saya membangun infrastruktur aplikasi dan pelayanan informasi masyarakat satu data atau satu sistem serta akan membangun data center guna membantu data nasional,” ujarnya usai dilantik, Jumat (28/8).

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan beberapa lembaga guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan media sosial yang ramah dan etis agar bisa bersama-sama membasmi hoaks. “Adapun program lain diantaranya aplikasi smart education, pencatatan digitalisasi pendidikan, serta melahirkan konsep prototipe terkait kartu kinerja mendukung penilaian kinerja pegawai,”pungkasnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy