Zona Merah, Pemkab Muna Tak Izinkan Salat Iduladha di Lapangan – Kendari Pos
Muna

Zona Merah, Pemkab Muna Tak Izinkan Salat Iduladha di Lapangan

Abdul Azis


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna memutuskan, salat Iduladha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat (31/7) dilaksanakan dengan tetap memerhatikan protokol penanggulangan Covid-19. Masyarakat muslim hanya diizinkan menggelar salat berjamaah di masjid dan tidak untuk di lapangan terbuka.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kabupaten (Setkab) Muna, Abdul Azis, menerangkan, keputusan tersebut diambil melalui rapat bersama Kementerian Agama Muna, Majelis Ulama Indonesia (MUI), unsur organisasi masyarakat Islam dan Satuan Gugus Tugas Covid. Seluruhnya sepakat salat Id tetap digelar dengan protokol ketat.

“Alasannya karena status Muna masih zona merah. Ada sembilan pasien positif Covid. Sehingga sesuai anjuran pusat, daerah yang belum zona hijau tak bisa salat di lapangan,” jelasnya, Jumat (24/7). Ketua Baznas Kabupaten Muna itu menambahkan, kendati diizinkan menggelar salat di masjid, masyarakat tetap diimbau agar melengkapi diri dengan masker dan membawa perlengkapan salat masing-masing. Tidak dianjurkan berjabat tangan usai salat dan menghindari berkerumun dengan terlalu berdekatan. Keputusan tersebut wajib ditaati bersama.

“Ini untuk kemaslahatan semua. Jadi setiap orang harus kooperatif,” pintanya. Abdul Azis melanjutkan, ketentuan salat Id akan dibuat dalam surat edaran masing-masing untuk para camat, kepala desa dan stakeholder terkait. Ia berharap Iduladha tetap dirayakan secara khidmat tanpa mengabaikan protokol kesehatan. “Ibadahnya tetap akan ditunaikan, tetapi perayaannya dilakukan sederhana saja,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy