Warga Sekolah Masih Aman dari Pandemi – Kendari Pos
Edukasi

Warga Sekolah Masih Aman dari Pandemi

Sejumlah siswa SDN 30 Kendari sedang bermain di lapangan sekolah beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Siapa pun bisa terpapar pandemi Covid-19. Tak heran, pemerintah mengubah metode proses belajar mengajar (PBM) para siswa. Yang dulunya digelar secara tetap muka di sekolah, kini dari rumah masing-masing peserta didik; secara daring atau luring. Karena angka korban terpapar Covid-19 di Sultra cenderung bertambah, Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio memilih untuk tetap mempertahankan proses belajar dari rumah untuk sementara waktu.

“Indikator kita berhasil menangani Covid-19 di satuan tingkat pendidikan adalah dengan tidak adanya warga sekolah yang tertular. Tentu salah satu solusinya adalah dengan memindahkan proses belajar mengajar di rumah siswa masing-masing,” kata Asrun.

Jika dihitung, kata Asrun, siswa belajar dari rumah sudah memasuki bulan ke-4. Secara umum, lanjut dia, prosesnya berjalan lancar. Itu dikarenakan tersedianya sarana pendukung pembelajaran siswa seperti andorid yang mudah didapatkan. Selain itu juga didukung, jaringan internet yang cukup memadai.

“Memang di beberapa daerah ada yang kesulitan, misalnya siswa yang tidak memiliki android. Ada juga wilayah belum memiliki akses internet yang baik. Tapi hal ini, kita siasati dengan metode luring. Siswa dapat bahan ajar langsung dari guru, seperti buku panduan, juga bisa belajar melalui siaran TVRI setiap hari. Guru-guru juga sudah diinstruksikan untuk menyambangi siswanya yang kesulitan memperoleh bahan pelajaran,” kata Asrun.

Ia berharap semangat guru tak surut dalam membimbing-bimbing siswanya di tengah pandemi Covid-19. Guru juga harus menguasai penggunaan teknologi informasi (IT), sehingga bisa mengajar secara daring.

“Peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya di rumah juga sangat penting. Mereka 24 jam bersama anaknya. Dukungannya penting setidaknya untuk mensuport anaknya agar lebih giat belajar,” pungkasnya. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy