Wanita Tani Diminta Manfaatkan Lahan Tidur – Kendari Pos
Kolaka Timur

Wanita Tani Diminta Manfaatkan Lahan Tidur

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) dibina untuk memanfaatkan lahan tak produktif oleh pihak Dinas Pangan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Kegiatan tersebut diterapkan melalui program pekarangan pangan lestari (P2L). Kepala Dinas Pangan Koltim, Idarwaty, mengatakan, pada tahun 2020 ini, ada enam desa yang mendapat bantuan dana sebesar Rp 60 juta untuk Program P2L dari Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra). Kelompok tani wanita itu berada di Desa Tumbudadio, Desa Simbune, Desa Lara, Kecamatan Tirawuta. Termasuk di Desa Onemanu, Atulano di Kecamatan Lambandia dan Desa Lalosingi, Kecamatan Lalolae.

“Setiap kelompok memiliki 30 anggota. Bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rp 60 juta untuk pembuatan rumah bibit, proses pembibitan dan kebun demplot. “Kelompok IRT itu kita dampingi supaya berhasil sampai modalnya kembali dan menguntungkan,” kata Idarwaty, Senin (27/7). Mantan Kadiskominfo Koltim ini menjelaskan, Program P2L bertujuan mencegah stunting dengan pola makan sehat.

“Harapannya ibu-ibu produktif serta makan sehat bergizi dan berimbang. Selain itu juga dapat menjaga ketersedian pangan. Ibu-ibu diarahkan menanam sayur dan tanaman hortikultura lainnya. Program pangan lestari semuanya berbahan lokal. Maka kita latih setiap kelompok membuat pangan organik dengan memanfaatkan limbah sapi dan lainnya. Mudah-mudahan program P2L berkelanjutan dan menghasilkan tambahan penghasilan bagi ibu rumah tangga,” tandasnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy