Wali Kota Kendari Stimulasi Kebangkitan Ekonomi dari Sektor Pariwisata – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari Stimulasi Kebangkitan Ekonomi dari Sektor Pariwisata

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah) saat meninjau penataan dan kesiapan sarana prasarana Kebun Raya Kendari. Kebun Raya tak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga sebagai kawasan pendidikan dan penelitian. Pemulihan ekonomi Kota Kendari salah satunya melalui sektor pariwisata.


KENDARIPOS.CO.ID — Memasuki era tatanan baru (new normal) Pemerintah Kota Kendari terus berkreasi memacu perputaran roda ekonomi. Upaya memulihkan ekonomi daerah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan telah dirancang Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Salah satu sektor yang mulai dirancang dalam percepatan pemulihan ekonomi yakni sektor kepariwisataan.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, potensi pariwisata yang dimiliki Kota Kendari seperti Kebun Raya Kendari (KBK), Kawasan Bungkutoko, dan Teluk Kendari. Saat ini Kebun Raya Kendari telah mendapat bantuan pembenahan dari Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW Sultra).

Kawasan Bungkutoko juga disulap menjadi kawasan wisata baru. Program ini sedang berjalan dan sudah 60 persen rampung. “Kawasan Bungkutoko akan diangkat tahun depan. Kawasan tersebut akan dijadikan kawasan Kampung Kerang. Di sana kita kembangkan budidaya kerang abalon yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Kita sudah punya ahlinya. Seorang doktor kerang dari UHO yang paham betul tentang budidaya kerang,” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir kepada Kendari Pos, Senin (13/7) kemarin.

Selain itu, pemanfaatan Teluk Kendari sebagai salah satu objek wisata juga akan dimanfaatkan. Wali Kota Sulkarnain akan merancang event maraton keliling Teluk Kendari dengan mengambil start dan finish di Jembatan Teluk Kendari. “Event ini kita rencanakan pelaksanaannya untuk menggairahkan sektor pariwisata juga perekonomian kita,” ujarnya.

Termasuk Pemkot menambah sarana dan prasarana (Sarpras) di dalam Kebun Raya Kendari berupa ruang belajar, ruang pengamatan dan laboratorium untuk pengunjung. Pemkot melibatkan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sultra. Ini penting untuk melengkapkan fasilitas sebagai syarat sebuah kebun raya. Karena kebun raya bukan hanya sekedar tempat wisata, akan tetapi juga berfungsi sebagai kawasan pendidikan dan penelitian.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Kendari Abdul Rifai mengungkapkan bahwa di era new normal ini, pariwisata merupakan sektor pertama yang akan dipulihkan. Katanya, Pemkot Kendari telah menyiapkan agenda event maraton dengan mendatangkan pelari berkelas nasional yang rencananya bakal dilaksanakan pada Oktober tahun ini. Pada saat yang sama , dilakukan peresmian Jembatan Teluk Kendari.

Lebih lanjut, Abdul Rifai menjelaskan bahwa lomba lari maraton ini direncanakan akan mengambil start dan finish di titik kilo meter nol tepatnya di bawah pembangunan Jembatan Teluk Kendari. “Direncanakan seperti itu, karena Oktober digadang-gadang pembangunan jembatan Teluk Kendari rampung sesuai pesan pak wali sebelumnya, jika tak ada aral melintang dan kondisi aman. Jika tak ada aral melintang dan kondisi aman,” katanya.

Oleh karena itu, saat ini Dispar Kota Kendari masih dalam proses membentuk kepanitiaan sembari melihat kondisi perkembangan covid-19 dan menanti izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir pernah mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan kawasan Jembatan Teluk Kendari. Menurutnya, Jembatan sepanjang 1,34 kilometer itu berpotensi menjadi kawasan wisata baru di Kota Kendari. “Ini merupakan impian buat seluruh masyarakat Sultra. Saya kira dengan rampungnya pembangunan jembaran Teluk Kendari ini menambah ikon baru daerah. Saya yakin jika dikelola dengan baik dan profesional maka akan mendatangkan benefit bagi daerah,” kata Sulkarnain.

Sulkarnain mengaku siap mengembangkan kawasan jembatan jika ditunjuk Pemerintah Provinsi Sultra. Sejumlah konsep mengemas kawasan jembatan agar lebih menjadi indah dan dapat menstimulasi kunjungan wisatawan lokal. “Jembatan ini wawenang Pemprov. Jika kami dipercayakan untuk ambil peran tentu kami siap,” kata Sulkarnain. (ags/b)

Siap Mengembangkan Kawasan Jembatan Teluk Kendari

Pulihkan Ekonomi dari Sektor Pariwisata

Objek Wisata Potensial

  1. Kebun Raya Kendari
  2. Kawasan Bungkutoko
    (Kampung Kerang)
  3. Teluk Kendari
  4. Pantai Nambo

Gelar Event Nasional

-Pemkot berencana menggelar lomba lari maraton

-Rutenya di kawasan Jembatan Teluk Kendari
-Diagendakan Oktober

-Datangkan pelari nasional
-Agenda itu akan terealisasi jika Covid-19 sudah berlalu
-Sekaligus mendapat izin dari Gugus Tugas Covid-19

DATA DIOLAH KENDARI POS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy