Wakapolda Resmikan Kampung Tangguh “Guyub Rukun” di Konawe – Kendari Pos
Konawe

Wakapolda Resmikan Kampung Tangguh “Guyub Rukun” di Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Gerakan Kampung Tangguh menjadi bagian dan langkah penanganan penyebaran Covid-19. Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menginisiasi pembentukan Kampung Tangguh di Konawe, berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan pihak TNI dalam pelaksanaannya. Desa Kasumeia di Kecamatan Onembute menjadi percontohan gerakan Kampung Tangguh di daerah berjuluk lumbung beras Sultra tersebut.

Kamis (9/7), Wakapolda Sultra, Brigjendpol. Yan Sultra Indrajaya didampingi Kepala Staf Korem (Kasrem) 143 HO, Kolonel (Inf) Tri Rana Subekti dan Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara, meresmikan Kampung Tangguh “Guyub Rukun” di Kasumeia. Dalam kesempatan itu, Brigjendpol. Yan Sultra Indrajaya, menuturkan, dari gerakan se-Indonesia tersebut sudah terbentuk sebanyak 7.024 kampung.

Pembentukannya dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Bersama dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe termasuk Perguruan Tinggi, pihaknya memberikan edukasi pada masyarakat untuk menunjang keberlangsungan gerakan Kampung Tangguh yang sudah dibentuk. “Ini bentuk kehadiran polisi di tengah masyarakat. Tak lain, semua ini menuju polisi yang profesional, modern dan terpercaya,” ujar Yan Sultra.

Menurut pengamatannya, aparatur kewilayahan beserta masyarakat di Desa Kasumeia telah menunjukkan kesiapan beserta pemahaman yang baik dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Bahkan sebelum adanya gerakan Kampung Tangguh, warga setempat sudah menjalankan standar protokol kesehatan secara baik di tingkat RT maupun RW. Bersama aparatur kewilayahan setempat, masyarakat juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang penerapan standar protokol kesehatan Covid-19.

Di tempat yang sama, Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara, mengapresiasi dukungan pihak kepolisian menyangkut pencegahan penularan virus corona di otoritanya. Bagi Gusli, pembentukan Kampung Tangguh “Guyub Rukun” merupakan salah satu wujud soliditas berbagai pihak dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. “Kami siap berada di barisan paling depan mendukung pencegahan Covid-19 dan ketahanan pangan di Konawe. Atas nama Pemkab Konawe, kami berkomitmen untuk mengembangkan Kampung Tangguh ini. Semoga bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” harap mantan Ketua DPRD Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy