UTBK UHO Tahap II Dilaksanakan 30 Juli, Diikuti 39 Peserta – Kendari Pos
Edukasi

UTBK UHO Tahap II Dilaksanakan 30 Juli, Diikuti 39 Peserta

Suasana pelaksanaan UTBK di UHO Tahap I, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 39 calon mahasiswa baru (Maba) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap II di Universitas Halu Oleo (UHO) pada tanggal 30 Juli 2020 mendatang. Pelaksanaan tes tersebut dijadwalkan panitia pusat bagi peserta yang tidak bisa mengikuti tes UTBK tahap I karena pandemi Covid-19.

Wakil Rektor I UHO La Hamimu menuturkan, UHO melalui keputusan panitia pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan memberi kesempatan bagi 39 peserta yang tidak sempat mengikuti tes pada UTBK di tahap pertama akibat Covid-19, sehingga dijadwalkan ulang.

“Bagi yang tidak bisa mengikuti tes karena covid-19 dari tahap I yang lalu maka dicarikan waktu tersendiri yakni pada 30 Juli. Kalau di UHO sendiri ada 39 orang yang akan tes,” jelasnya pada Kendari Pos, Senin (27/7).

Total peserta UTBK yang tidak hadir pada tahap I di UHO berjumlah 509 orang, dengan berbagai kendala. Banyak faktor yang mempengaruhi peserta UTBK SBMPTN tahun 2020 tidak dapat menghadiri tes. Diantaranya, terkendala Covid-19. “Dari total 509 orang yang tidak sempat ikut UTBK tahap I, yang melapor itu sebanyak 39 orang. Sehingga UHO hanya merekomendasikan 39 orang ke panitia pusat untuk mengikuti UTBK tahap II,” katanya.

Untuk UTBK tahap ini prosedur dan pelayananya sama dengan tahap pertama, termasuk peserta harus mengantongi surat keterangan Rapid tes yang menandakan bahwa peserta tersebut negatif dari covid-19. Termasuk pelaksanaan UTBK tahap ini juga tetap akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat. Seperti seluruh peserta yang akan mengikuti tes diwajibkan menggunakan masker dan tidak boleh memiliki suhu tubuh diatas 37,5 derajat. ”Tempat tesnya hanya satu lokasi saja, yakni di UPT Pustik UHO,” tuturnya.
Hamimu juga mengimbau kepada seluruh peserta UTBK yang akan tes pada 30 Juli mendatang untuk melakukan pencetakan ulang kartu peserta UTBK, dengan masuk kembali ke akun yang telah terdaftar. “Tinggal masuk saja ke laman UTBK dan akun masing-masing peserta, kemudian mencetak kartu ulang. Hal itu ditujukan guna mengganti jadwal tes peserta saja,” katanya.

Sementara bagi peserta yang telah mengikuti UTBK diharap untuk menunggu pengumuman dari LTMPT. Pengumuman UTBK-SBMPTN nantinya akan dilakukan secara serentak yang rencananya akan diumumkan pada 20 Agustus 2020 mendatang. “Kalau hasil rapat terakhir saya dengan pihak LTMPT, kemungkinan besar pengumumanya akan di percepat, dengan alasan PTN juga harus segera melakukan pembukaan pemerimaan Mahasiswa Baru (Maba) melalui jalur mandiri,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy