UMK Minimalisir Aktivitas Kampus, Perkuliahan Tetap Secara Daring – Kendari Pos
Edukasi

UMK Minimalisir Aktivitas Kampus, Perkuliahan Tetap Secara Daring


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 masih terjadi pada sejumlah daerah di Sultra. Kondisi ini tak hanya berdampak secara ekonomi, tapi juga berpengaruh pada dunia pendidikan. Demi memutus mata rantai penyebaran virus yang berawal dari Wuhan ini, berbagai upaya dilakukan lembaga pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), menjadi salah satu kampus yang intens melakukan upaya pencegahan Covid-19. Rektor UMK, Amir Mahmud, S.Pi., M.P., menjelaskan pihaknya meminimalisir aktivitas di lingkup kampus demi menghindari penyebaran Covid-19.

“Sesuai petunjuk Mendikbud, perkuliahan tahun ajaran 2020 semester ganjil ini sepenuhnya dilakukan menggunakan sistem dalam jaringan (Daring), terkecuali bimbingan skripsi, penelitian, dan praktikum masih dapat dilakukan dalam kondisi terbatas. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Amir Mahmud, beberapa waktu lalu

Terkait pengurusan administratif, diakuinya dilaksanakan secara daring, terkecuali kondisi yang mengharuskan adanya tatap muka. “Kami tentu membatasi masalah pengurusan administrasi, yaitu dengan mengatur jumlah mahasiswa yang akan datang, tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Saat ini pintu masuk ke UMK hanya satu pintu. Bila yang tadinya terbagi menjadi empat pintu masuk, kini kami memusatkan di satu pintu saja untuk lebih memudahkan melakukan pemantauan,” tutur Amir Mahmud.
Ia pun menjelaskan soal KKA sedang dirancang model pelaksanaannya. Saat ini telah disusun pedoman dan juknisnya, dan rencananya KKA dilakukan di daerah masing-masing mahasiswa. Dimana palaporannya dikirimkan setiap minggu secara berkala melalui sistem daring.

“Pelaksanaan KKA kali ini akan melibatkan mahasiswa dalam membuat program aplikasi yang dapat membantu sekaligus menerapkannya di lokasi pengabdian mahasiswa, seperti aplikasi eduMU yang diterapkan sekolah-sekolah Muhammadiyah. Jadi pengawasan dan pembelajaran dapat dikontrol dengan maksimal, baik oleh guru dan orang tua,” terangnya.

Ia berharap, melalui kebijakan yang dilakukan UMK, sepenuhnya dipahami mahasiswa dan dosen. Mengingat langkah-langkah yang ditempuh kampus disesuaikan dengan kebijakan pusat dan kondisi pandemi Covid-29 saat ini. (b/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy