Tuna Netra di Muna Butuh Alquran Braille – Kendari Pos
Muna

Tuna Netra di Muna Butuh Alquran Braille

Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiyawati ketika menyampaikan arahannya dalam Musdalub ITMI Kabupaten, kemarin.


KENDARIPOS.CO.ID — Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Kabupaten Muna sukses menggelar musyawarah daerah luar biasa untuk regenerasi kepengurusan. Organisasi yang baru berumur dua tahun itu berkomitmen memberantas buta aksara Alquran di Bumi Sowite. Muh. Ikhsanuddin, Ketua Departemen Manajemen Krisis Center, ITMI Pusat menerangkan, kaum tuna netra di Muna saat ini sedang menghadapi tantangan serius yakni sebagian anggota masih buta aksara Alquran. Salah satu kendalanya ialah ketersediaan kitab suci berhuruf braile yang sangat minim. Kondisi itu luput diperhatikan oleh pemangku kebijakan. Padahal menurutnya, kelompoknya juga berhak mendapatkan fasilitas menjalankan keyakinan.

“ITMI berkomitmen memberantas buta aksara. Tetapi untuk mengadakan Alquran Braile saja kami belum mampu,” terangnya, Kamis (16/7). Ia menambahkan, ITMI sebenarnya memiliki banyak persediaan Alquran braile di Jakarta. Namun untuk mendistribusikannya ke Muna juga membutuhkan biaya tidak sedikit. Sebabnya,
Alquran khusus penyandang gangguan penglihatan itu memiliki berat mencapai 30 kilogram untuk satu paket 30 juz. Para tuna netra sangat membutuhkan perhatian pemangku kebijakan terutama Kementerian Agama dan Pemkab Muna ditengah kondisi tersebut.

“ITMI berharap ada pihak yang membantu karena minimal di sini butuh tiga paket dulu,” jelasnya.
Musdalub ITMI Muna tersebut digelar sederhana di aula PAUD milik Yayasan Anugerah Hati, Raha. Puluhan anggota ITMI berkumpul untuk memilih ketua baru yang posisinya lowong akibat ditinggal pindah domisili. Ikhsanuddin berharap atensi seluruh pengurus agar program kerja organisasi dilaksanakan sepenuh hati terutama membantu tuna netra Muna yang belum mahir membaca Alquran.

“Kalau bukan dari kita, siapa yang bisa membantu mengajari teman-teman yang lain. Saya juga meminta ini Musdalub terakhir. Setiap pengurus harus menyelesaikan masa jabatannya,” ujarnya. Musdalub itu dihadiri pihak Kementerian Agama Kabupaten Muna, Ketua Yayasan Anugerah Hati, Suhartin Yaddi. Hadir pula Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiyawati Rusman Emba yang mengapresiasi semangat ITMI dalam berorganisasi. Ia berjanji akan meneruskan aspirasi ITMI kepada Pemkab agar mendapat keberpihakan anggaran. Untuk sementara, ia akan membantu biaya pengiriman Alquran braile. “Saya akan bicara dengan Bupati agar bisa diperhatikan. Terpenting, ITMI harus terus aktif agar keluhan anggota bisa dijembatani organisasi,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy