Tips Turunkan Berat Badan dengan Cara Mengkonsumsi Teh Hitam – Kendari Pos
Kesehatan

Tips Turunkan Berat Badan dengan Cara Mengkonsumsi Teh Hitam

KENDARIPOS.CO.ID — Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Selain olahraga dan mengontrol kalori, minum teh dipercaya bisa membantu metabolisme tubuh untuk menurunkan berat badan. Selain teh hijau, teh hitam juga diyakini bisa membantu. Cobalah untuk minum teh hitam tanpa gula. Sehingga berat badan bisa lebih mudah susut.

Secara umum, teh hitam berfungsi sebagai peningkat mood. Teh hitam kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol yang bisa meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Polifenol juga membantu dalam mendorong penurunan berat badan. Dilansir dari Jawa Pos Kesehatan, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014 menemukan bahwa konsumsi teh hitam 3 kali sehari, selama tiga bulan dapat membantu dalam menurunkan beberapa kilogram daripada mereka yang minum minuman berkafein lainnya. Namun, setelah enam bulan manfaatnya sudah tak terlalu efektif lagi.

Kemudian pada 2019, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa teh hitam dapat membantu dalam penurunan berat badan. Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok peneliti di UCLA. Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan mengatakan, seseorang perlu minum 6 cangkir teh hitam sehari.

Tapi para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa teh hitam tanpa pemanis dapat menjadi pilihan tepat untuk diet sehat secara keseluruhan. Dalam arti bukan hanya fokus pada penurunan berat badan. Intinya, tetap memerhatikan dosisnya dan lama konsumsi teh tersebut.
Sementara itu, dr. Allert Benedicto Ieuan Noya menjelaskan, selain minum teh banyak cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Salah satunya dengan selalu bergerak aktif. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa olahraga selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan. “Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet,” ujar dr Allert sebagaimana dilansir dari laman Halodokter, kemarin.

Cara Menurunkan Berat Badan

*Minum Air Sebelum Makan
Menurut penelitian, minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat membuatmu lebih cepat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak dapat berkurang. Selain itu, perlu kamu sadari bahwa rasa haus terkadang muncul menyerupai rasa lapar. Jadi saat mulai merasa lapar, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, dan hanya makan pada waktunya. Dengan menerapkan cara ini, jumlah kalori yang kamu konsumsi juga dapat berkurang.

*Jangan Lupa Sarapan
Sarapan adalah bagian penting dari penurunan berat badan. Dengan sarapan rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat jadi berkurang. Membiasakan diri sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan pada jam makan siang akan turut berkurang.

*Konsumsi Makanan Tepat
Kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju. Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori. Makanan berserat yang bisa kamu konsumsi di antaranya adalah sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

*Makan dalam Porsi Kecil
Bisa menyiasatinya dengan memakai piring atau mangkuk yang lebih kecil saat mengambil makanan. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang. Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

*Makan Secara Perlahan
Selain makan dalam porsi kecil, makan secara perlahan dan santai juga dapat mendukung penurunan berat badan. Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

*Tidur Cukup
Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidurmu tercukupi dengan baik. Sebab, saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentunya hal ini akan membuat diet penurunan berat badanmu jadi berantakan. (jpg/hlQ)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy