Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan – Kendari Pos
Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

KENDARIPOS.CO.ID — Musim hujan sedang melanda bumi Sulawesi Tenggara (Sultra). Tentu saja, setiap orang sangat rentan mengalami gangguan kesehatan seperti influenza, batuk, pilek, demam dan badan pegal-pegal. Jika sudah terserang, tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karenanya, jangan biarkan aktivitas terbengkalai gara-gara gangguan kesehatan.

Menurut Ahli Gizi dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD sebagaimana dilansir dari Jawa Pos Kesehatan, ada dua faktor yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Pertama, faktor internal seperti pola makan tak seimbang, stres, kurang olahraga, dan kurang istirahat. Lalu faktor eksternal, seperti perubahan cuaca, lingkungan yang kurang bersih dan polusi.

“Makanya, salah satu cara atau tips menjaga kesehatan di musim hujan adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Seperti berolahraga secara rutin, perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari) dan istrirahat yang cukup setiap harinya,” ungkap dr. Matthew Lantz.

Sementara itu, menurut dr. Carla Pramudita Susanto, menjaga kesehatan tubuh di musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana. Namun seringkali karena segudang aktivitas, kita kerap abai terhadap masalah kesehatan. Salah satu penyakit yang bisa menyerang saat musim hujan adalah demam berdarah dengue. Nyamuk Aedes aegypti ini bertelur pada tampungan air bersih.

Penyebarannya secara mudah dari nyamuk Aedes aegypti, nyamuk betina yang telah terinfeksi virus dengue.
Virus tersebut berkembang di dalam tubuh nyamuk selama 8-12 hari dan bisa menularkan virus tersebut lewat gigitan dari satu orang ke orang lainnya. Demam berdarah hanya dapat ditularkan lewat nyamuk.

Tak hanya demam berdarah, musim hujan juga dapat menyebabkan penyebaran virus influenza dan rhinovirus penyebab pilek. Virus ini dapat secara mudah tersebar pada lingkungan tertutup. Misalnya, jadi lebih sering berada di rumah, sekolah, tempat kerja, saat musim hujan datang. “Dengan begitu peluang penularan penyakit dari satu orang ke yang lainnya akan tersebar lebih mudah. Virus dapat dilakukan melalui kontak fisik dan masuk ke sistem pernapasan. Oleh karenanya, penting untuk menerapkan cara menjaga kesehatan dengan tepat di musim hujan,” kata dr Carla sebagaimana dilansir dari laman halodokter, kemarin.

Tips Menjaga Sehat
di Musim Hujan:

*Konsumsi Vitamin C
Makan jambu biji atau meminum jusnya merupakan cara menjaga kesehatan di musim hujan yang paling mudah. Jambu biji mengandung vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat meningkatan potensi infeksi penyakit. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah infeksi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek. Jambu biji juga bersifat antimikroba, sehingga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi.

*Rutin Berolahraga
Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Sebuah studi mengungkapkan, olahraga 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi respon anti peradangan. Ada beragam olahraga yang menunjang kesehatan tubuh, seperti yoga, pilates, bersepeda, dan lainnya.

*Konsumsi Makanan Bernutrisi
Makanan yang kaya akan mikronutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh di musim hujan.
Jika tubuh kekurangan mikronutrien seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan penyakit menginfeksi tubuh. Sertakan beragam jenis sayur dan buah pada makanan, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

*Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun
Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

*Banyak Minum Air Putih
Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Minum teh herbal juga baik baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum setela kehujanan.

*Vaksin Influenza
Padatnya pekerjaan dalam keseharian menuntut tubuh tetap sehat selalu. Maka dari itu, cobalah menjaga kesehatan tubuh di musim hujan dengan vaksin influenza. Apalagi hujan yang datang tak menentu, membuat penularan flu sangat mudah menyerang, melalui tangan, tubuh, hingga masuk ke dalam sistem pernapasan.

*Makanan Berserat Tinggi
Makanan berserat tinggi juga dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan melindungi tubuh dari infeksi flu dan pencernaan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti alpukat, apel, pisang, pir, wortel, brokoli, bayam dan makanan berserat tinggi lainnya..

*Jaga Kebersihan lingkungan
Musim hujan membuat badan anda rawan sekali terhadap segala macam penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang mengendap di halaman rumah, ini bisa membawa penyakit. Jadi, sangat penting untuk menjalani tips menjaga kesehatan di musim hujan dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyakit bersarang.

*Mandi Setelah Kehujanan
Mungkin tips menjaga kesehatan di musim hujan ini terdengar konyol tetapi mandi setelah kehujanan dapat membantu mengusir banyak infeksi. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes Dettol atau Savlon ke dalam bak air untuk menghilangkan kuman. (hdQ/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy