Tiga Tahun, Pemkot Kendari Bangun 24 Ribu Meter Saluran Air – Kendari Pos
Metro Kendari

Tiga Tahun, Pemkot Kendari Bangun 24 Ribu Meter Saluran Air

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir begitu serius mengurangi wilayah langganan banjir dan genangan air. Dalam tiga tahun terakhir, sekitar 24.655 meter saluran dibangun. Upaya ini bagian dari rencana besar Pemkot Kendari membangun saluran drainase yang terintegrasi. Hasilnya, kini mulai dirasakan. Saat ini, daerah langganan banjir dan genangan air di Kota Kendari terus berkurang.

“Alhamdulillah di masa pemerintahan kami, sekitar 24 ribu meter drainase telah terbangun. Selain itu, sudah kurang lebih 82 persen titik genangan banjir kita atasi,” ungkap Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari, kemarin.
Sulkarnain menyadari upaya mengatasi permasalahan banjir tak mudah, utamanya dari segi pembiayaan (anggaran) pembangunan drainase.

Makanya, pihaknya mengganggap penting menjalin kemitraan dengan beberapa pihak, salah satunya dengan menggandeng Kementerian PUPR melalu Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra
“Kami menggandeng BPPW melalui program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh). Tahun ini ada empat kelurahan yang mendapatkan pembangunan drainase, yaitu kelurahan Tipulu, Mataiwoi, Kadia dan Kelurahan Mata.

Total anggaran pembangunannya Rp 4 miliar. Jadi 1 kelurahan dapat Rp 1 miliar. Tapi bukan hanya pembangunan drainase ya. Dana tersebut juga digunakan untuk pembangunan sumur bor, bak sampah dan jalan (paving blok),” jelasnya.

Tak hanya bermitra dengan kementerian, pihaknya juga sebenarnya telah telah melakukan pembangunan melakui APBD dan Dana Kelurahan. “Tahun ini sebenarnya sudah dianggarkan untuk penuntasan jaringan drainase yang belum terbangun. Hanya saja karena adanya recofusing (pengalihan) anggaran sehingga pembangunan ditunda sementara. Insya Allah sisa jaringan yang belum terbangun sekira 18 persen titik genangan banjir bisa kita tuntaskan pasca pandemi Covid-19,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy