Tahap Pencalonan di Pilkada 2020 Rentan Pelanggaran – Kendari Pos
Politik

Tahap Pencalonan di Pilkada 2020 Rentan Pelanggaran

Hamiruddin Udu

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap pendaftaran, penelitian dokumen dan penetapan pasangan calon di Pilkada 2020 rentan terjadi pelanggaran. Karena itu Bawaslu Sultra akan memaksimalkan pencegahan pelanggaran di momen itu.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu berharap peserta pemilu, KPU dan Bawaslu tujuh kabupaten meningkatkan pemahaman tahap pencalonan. Sehingga potensi pelanggaran bisa dicegah lebih dini. Sehingga tahapan pendaftaran dan penetapan pasangan calon dapat berjaln lancar, tepat waktu dan sesuai regulasi.

“Pelanggaran pada tahapan pencalonan yang biasa terjadi, seperti ketidaktepatan waktu penyetoran dokumen pencalonan, ketidak-absahan dokumen pencalonan, jumlah dukungan parpol yang kurang dari 20 persen, parpol yang memberikan dukungan ke calon yang lebih dari satu pasang,” ungkapnya. Termasuk keterlibatan ASN untuk ikut mengantar pasangan calon yang mendaftar di KPU, arak-arakan saat mengantar pasangan calon serta kesiapan KPU dalam menerima tim pasangan calon saat pendaftaran namun tidak menyiapkan tempat sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu, penelitian dokumen paslon yang tidak tepat waktu juga bisa menyebabkan pelanggaran.

Lembaganya meminta ASN agar tidak ikut-ikutan menghadiri acara deklarasi pasangan calon dan ikut mengantar ke KPU. Mantan Ketua Bawaslu Wakatobi ini menambahkan penyelenggara dan peserta pemilu dapat memperoleh pemahaman yang baik terkait prosedur pencalonan. Sehingga bisa melakukan pencegahan dan diantisipasi agar tidak terjadi pelanggaran pada tahapan pencalonan.

“Jika masih terjadi pelanggaran maka Bawaslu akan melakukan langkah-langkah penindakan sesuai regulasi, seperti melaporkan pihak yang melakukan pelanggaran kepada KASN jika yang melakukan pelanggaran itu ASN,” pungkasnya. (m3/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy