Tafdil Tepis Tudingan Terkait Penyebab Kerusakan Jalan Nasional di Bombana – Kendari Pos
Bombana

Tafdil Tepis Tudingan Terkait Penyebab Kerusakan Jalan Nasional di Bombana

H. Tafdil


KENDARIPOS.CO.ID — Gerakan solidaritas Pemuda dan Mahasiswa (GSPM) Bombana protes kerusakan jalan nasional yang menghubungkan Bombana dan Konsel. Mereka menuding truk PT. Jhonlin Batu Mandiri (JBM) pemicunya. Tudingan itu ditepis Bupati Bombana, Tafdil saat menerima aspirasi massa GSPM, kemarin.

Tafdil mengatakan truk pengangkut raw sugar yang melintasi jalan nasional itu merupakan milik salah satu rekanan yang memenangkan tender.”Pertama, saya ingin luruskan bahwa truk yang lalu lalang itu bukan milik PT. Jhonlin. Tapi milik rekanan atau pihak ketiga yang lahir dari sebuah proses tender yakni salah satu jasa angkutan di Sultra,” ujarnya saat menanggapi permintaan massa agar Tafdil meminta menegur PT. JBM.

Tafdil menjelaskan PT. JBM itu hanya pemilik barang raw sugar (gula setengah jadi). PT.JBM bertindak sebagai investor yang ingin barangnya sampai di pabrik. Maka digelarlah proses tender untuk mencari perusahaan jasa angkutan di Sultra dan pemenang lelang adalah PT. Sumber Wiwirano.

“Saya kasih contoh. Jika seseorang memesan barang. Barangnya, dikirim melalui jasa ekspedisi. Lalu terjadi kerusakan jalan, akibat dilalui mobil ekspedisi itu. Apakah pedagang atau pemilik barang itu yang harus di tegur atau disalahkan. Jadi jangan salah alamat?,” ujar Tafdil.

Bupati Bombana dua periode itu menambahkan kewenangan jalan nasional itu bukan pada Pemkab Bombana, melainkan kewenangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional. Meski begitu, Tafdil bersedia berkoordinasi dengan balai jalan.

“Itu wewenangnya balai jalan nasional. Pemerintah Provinsi Sultra dan piha balai jalan sudah rapat terkait itu. Pemerintah kabupaten ikut diundang. Selasa depan, sudah pertemuan kedua. Kita ikut hadir disitu. Kita masih tunggu bagaimana hasil rapat kedua nanti. Jadi, jangan disangka, Pemkab Bombana tidak berbuat. Hanya ada jalur koordinasi disitu, sebab itu bukan kewenangan satu kabupaten saja,” tukas Tafdil. Terkait jalan yang digunakan di wilayah Kabupaten Bombana, Tafdil mengatakan sudah ada komunikasi terkait perbaikan jalan tersebut dengan pihak perusahaan. (kmr/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy