Surunuddin Usul Perbaikan Ruas Laeya-Andoolo – Kendari Pos
Konawe Selatan

Surunuddin Usul Perbaikan Ruas Laeya-Andoolo

Kondisi salah satu titik jalan rusak di poros Laeya-Punggaluku. Pemkab Konsel berharap, Pemprov Sultra membenahi akses transportasi lintas kabupaten tersebut agar nyaman dilalui pengendara.

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi ruas jalan pada poros Laeya-Andoolo di Konawe Selatan (Konsel), sangat memprihatinkan. Pada titik di Kelurahan Punggaluku, sekitar 500 meter dari kantor Mapolres Konsel, kondisi jalan tersebut penuh dengan kubangan. Akses kendaraan yang kerap melintas menjadi terganggu bahkan sering terjadi kemacetan dan rawan kecelakaan lalulintas. Meski begitu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan penataan fasilitas transportasi itu. Sebab jalan tersebut menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, turut prihatin dengan kondisi ruas jalan yang menghubungkan beberapa kabupaten itu. “Ini kan statusnya jalan Provinsi. Jadi kewenangannya di sana. Sehingga kami di kabupaten hanya bisa mengusul bagaimana ada perhatian untuk perbaikan jalan tersebut,” katanya, Senin (20/7).
Meski demikian, sambung mantan ketua DPRD Konsel itu, sambil menunggu reaksi dari Pemprov, pihaknya akan berupaya mengambil langkah penanganan darurat.

“Saya akan perintahkan pihak Dinas PU untuk penanggulangan sementara. Sambil usul di Provinsi,” janjinya. Surunuddin menggagas, status akses tersebut baiknya dinaikkan menjadi jalan nasional. Dengan demikian pemeliharan jalannya bisa dialokasikan dari Pemerintah Pusat. “Apalagi ini sudah memenuhi standar jalan nasional. Karena volume kendaraan yang melintas sudah padat. Hanya lagi-lagi tergantung Pemprov,” terangnya.

Yang jelas, Surunuddin berharap jalan tersebut ada perbaikan dan solusi dari Pemprov Sulawesi Tenggara. “Apalagi ini akses jalan yang menghubungkan Kabupaten lain, seperti Bombana dan Kolaka Timur,” ungkap Konsel-1 itu. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy