Sultra Urutan 13 Pelayanan KB di Harganas – Kendari Pos
Metro Kendari

Sultra Urutan 13 Pelayanan KB di Harganas

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (paling kanan) saat memantau pemasangan alat kontrasepsi KB implant pada akseptor KB di Klinik BKKBN Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Meski tak masuk 10 besar, BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara turut andil dalam pencapaian target sejuta akseptor di Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 kemarin. Lembaga yang dinahkodai Asmar itu berhasil berkontribusi dengan mencatatkan pelayanan sekira 20.371 akseptor dari target yang ditentukan sebesar 16.587 akseptor atau 122,8 persen.

Kepala BKKBN Sultra, Asmar mengaku bangga dengan capaian tersebut. Menurutnya, meski ditengah pandemi Covid-19, masyarakat Sultra mulai peduli betapa pentingnya merencanakan sebuah keluarga.

“Harganas tahun ini dirayakan di tengah situasi kecemasan akibat pandemi, sehingga memberikan suasana berbeda. Secara garis besar, peringatan Harganas ke-27 dilangsungkan secara sederhana. Kami keluarga besar BKKBN menyelenggarakan upacara bendera dan tasyakuran. Fokus kami lebih kepada pelayanan KB serentak untuk mencapai target nasional sebanyak 1 juta akseptor dan alhamdulillah kemarin sudah tercapai,” kata Asmar kemarin.

Lebih lanjut Asman menyebut ada 3 metode pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yaitu melalui klinik, mobile layanan KB dan kunjungan kerumah oleh kader yang telah dibentuk. “Cara-cara ini yang kami lakukan agar masyarakay bisa tersentuh dengan layanan KB,” jelasnya.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengapresiasi atas capaian yang diraih BKKBN Sultra. Menurutnya tidak mudah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program ini. Apalagi dilaksanakn ditengah pandemi Covid-19.

“Tapi atas upaya kita yang kuat, program berjalan lancar. Secara keleseluruhan pemerintah bisa mencapai target sejuta akseptor. Begitupun BKKBN Sultra. Di Kendari sendiri dari target 2.000 kita capai 729 akseptor. Ini prestasi baik mengingat pelaksanaannya hanya sehari saja. Sangat kasip waktunya,” ungkap Sulkarnain.

Ketua DPC PKS Kota Kendari itu berharap, kedepan BKKBN bisa semakin meningkatkan pelayanan KB di Sultra khususnya di Kota Kendari. Pihaknya sendiri akan mendukung dan mensukseskan program KB tersebut. “Kita ingin masyarakat bisa merencanakan keluarganya dengan baik, sehingga dapat menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas yang siap menghadapi tantangan dan membangun kota ini,” kata Sulkarnain.

Untuk diketahui, secara nasional BKKBN berhasil mencapai target sejuta akseptor yang ditetapkan pemerintah. BKKBN berhasil melayani sebanyak 1,1 juta akseptor. Capaian tertinggi berhasil diraih Provinsi Aceh sebanyak 10.204 akseptor atau 315,1 persen sedangkan yang terendah ditempati Kalimantan Barat sebanyak 3.619 akseptor atau 15,1 persen. (b/ags)

Layanan KB di Harganas
Target Realisasi Presentase
16.587 20.371 122,8 Persen

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy