Sultra Masuk Kalender Program Tourism Reborn Kemenparekraf) – Kendari Pos
Metro Kendari

Sultra Masuk Kalender Program Tourism Reborn Kemenparekraf)

KENDARIPOS.CO.ID — Gagasan Gubernur Sultra, Ali Mazi menjadikan wisata sebagai salah satu sektor unggulan mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Tahun ini, Sultra masuk provinsi pelaksanaan program “Tourism Reborn” atau pariwisata lahir kembali yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). “Ada 16 provinsi yang menerima bantuan Kemenparekraf berupa tourism reborn, Sultra masuk salah satunya. Sokongan ini akan sangat membantu daerah,” kata I Gede Panca, Kepala Dinas Pariwisata Sultra saat ditemui, Selasa (14/7)

Dalam tourism reborn sambungnya, ada berbagai kegiatan yang digelar. Pertama, pemerintah akan menggelar lokakarya tentang penerapan new normal di destinasi wisata. “Ini diperuntukkan bagi pengelola pariwisata, apakah itu dinasnya atau kelompok sadar wisata yang akan diberikan sosialisasi melalui lokakarya tentang pelaksanaan pola hidup tatanan baru di destinasi wisata,” jelasnya. Setelah itu kata dia, akan dilanjutkan dengan program bersih, indah, sehat dan aman. Dimana aplikasinya itu kegiatan bersih-bersih pantai. Program ini merupakan program padat karya. Jadi nanti yang bekerja untuk membersihkan pantai adalah masyarakat disekitar destinasi wisata.

“Tentu mereka akan diberi seragam, alat serta honor kepada mereka yang melakukan pembersihan terhadap pantai. Dimana untuk wilayah Sultra sasaranya ada tiga lokasi yaitu pantai Toronipa, Pantai Nambo, kemudian pantai yang ada di Wakatobi khususnya di pulau Wangi-wangi,” jelasnya. Rencananya, program ini akan dilaksanakan tanggal 11 sampai 15 Agustus 2020. Untuk itulah, para pengelola wisata diminta melengkapi fasilitas protokol kesehatan.

Apalagi pemerintah berencana memberi izin dibukanya objek-objek wisata di Sultra. “Untuk pembukannya, kami masih menunggu izin gubernur,” katanya. “Kami berharap nanti begitu destinasi wisata dibuka, sudah bersih serta seluruh peralatan untuk penerapan protokol kesehatan juga sudah ada. Jadi ini yang perlu sekali memang. Saya juga sudah berkomunikasi dengan bapak direktur pengembangan regional II yang kemarin ke sini,” tambahnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy