Sulkarnain Serahkan Bantuan ke IKM, Tiap Pelaku Usaha Dapat Rp 1-3 Juta – Kendari Pos
Metro Kendari

Sulkarnain Serahkan Bantuan ke IKM, Tiap Pelaku Usaha Dapat Rp 1-3 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Kepedulian Pemkot Kendari terhadap warga terdampak covid-19 tak perlu diragukan. Sejak masa pandemi, Pemkot Kendari seakan tak henti menyalurkan bantuannya. Tidak hanya dalam bentuk sembako, namun juga Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai) kepada kelompok nelayan, ojek, pedagang kecil, pekerja serabutan hingga pekerja yang kena PHK atau dirumahkan. Kemarin, giliran pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan wabah corona berimplikasi buruk bagi perekonomian. Tak sedikit warga yang kehilangan mata pencahariannya akibat kena PHK atau usahannya gulung tikar. Untuk mengurangi beban warga, Pemkot menyalurkan bantuan sosial yang jika dirupiahkan mencapai Rp 20 miliar. “Untuk IKM, kami menyalurkan 60 paket,” kata Sulkarnain Kadir. Penyaluran bantuan IKM sambungnya, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendari. Bantuan tunai ini diberikan kepada 56 IKM dengan totalnya Rp 60 Juta. Bantuan tersebut berasal Zakat, Infaq dan Sedekah. Adapun rincian besaran bantuan yang diberikan kepada para pelaku usaha masing-masing yakni berkisar Rp 1 juta – Rp 3 juta berdasarkan jenis usaha masing-masing. “Ini bantuan zakat periode dua,” kata Sulkarnain.

Bantuan ini sambungnya, sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi produktif (modal usaha) kepada pedagang bakso, seafood, pedagang somai, peternak ikan, pembuat reparasi kunci dan lainya. Pihaknya berharap dengan adanya bantuan ini dapat menjadi modal dalam mengembangkan usahanya, ditengah pandemi Covid-19. “Karena kita tau betul selama pandemi Covid-19, sangat dirasakan para pelaku IKM utamanya dari segi pendapatan mereka,” ungkapnya.

Ia berpesan agar bantuan dari Baznas ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan usaha, bukan untuk yang lain-lain. “ZIS yang terkumpul Rp 60 juta berasal dari zakat yang dikeluarkan dari penghasilan setiap bulan ASN lingkup Pemkot Kendari dan ASN Kantor Kemenag Kota Kendari dan warga,” katanya. Ami, salah seorang penerima bantuan mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemkot melalui Baznas untuk pengembangan usahanya jajanan seafood yang berlokasi di jalur perbatasan Ranomeeto Kendari-Konawe Selatan (Konsel).

Modal yang diberikan oleh Baznas sebesar Rp 1 juta ini akan digunakan sebaik-baiknya sebagai modal dalam mengembangkan usahanya ke depan.
Kabag Kesra Kota Kendari Abdul Rauf menjelaskan bantuan ini ditujukan ke penjual kue, pedagang kecil, peternak ikan hias dan reparasi kunci. “Dana yang tersedia di Baznas masih ada sekitar 100 juta namun berdasarkan arahan pak wali akan dicairkan bertahap, berdasarkan situasi dan kebutuhan, seperti hari ini,” tutupnya. (b/m2/ags)

Bansos Pemkot Kendari
-Diperkirakan Rp 20 Miliar
-Bagi Warga Terdampak Covid-19
-Dalam Bentuk Sembako, APD, BLT dan BST

Bantuan IKM
-56 Pelaku Usaha
-Kebagian Antara Rp 1 s.d 3 Juta
-Penyalurannya Melalui Baznas

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah) menyerahkan bantuan dana kepada perwakilan IKM.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy