Stok Blanko KTP Kurang, Disdukcapil Wakatobi Batasi Pencetakan – Kendari Pos
Wakatobi

Stok Blanko KTP Kurang, Disdukcapil Wakatobi Batasi Pencetakan

Abdul Rahim


KENDARIPOS.CO.ID — Kebutuhan 4.000 blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi, tak terpenuhi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) hanya dapat membantu penyediaan 1.000 keping. Pencetakan KTP-el pun terpaksa dibatasi untuk menghindari kehabisan stok dalam jangka waktu yang lama.

Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, menjelaskan pada hari pertama saat stok tersedia, pihaknya mencetak kurang lebih 80 blangko. Baik baru melakukan perekaman maupun yang hanya diberikan surat keterangan (Suket). Dengan kondisi tersebut, ketersediaan blangko diprediksi cepat habis. Mengingat, saat ini banyak masyarakat yang datang melakukan perekaman, khususnya pemula.

“Kita batasi dulu sambil menunggu stok lagi. Tapi memang untuk saat ini masih puluhan yang datang setiap hari ke kantor untuk merekam dan mengurus KTP-el,” ujarnya, kemarin.
Pihaknya sempat melobi Pemprov Sultra agar mendapat pasokan keping KTP-el sebanyak 2.000. “Tapi kita tahu, di daerah lain juga masih membutuhkan. Tapi untuk layanan tetap kami buka untuk merekam. Karena kita punya target pada pecoblosan kepala daerah nanti diharapkan tidak ada Suket,” harap Abdul Rahim.

Sementara itu, untuk dokumen lain, masyarakat semakin dimudahkan. Khususnya pengurusan kartu keluarga, akta lahir hingga pindah domisili, sekarang cetak sendiri dari rumah. Masyarakat hanya datang menyodorkan berkas yang diperlukan dan staf yang akan memprosesnya. “Yang penting lengkap dengan email dan nomor kontaknya. Mereka tinggal menunggu di rumah dan kalau dokumen sudah diverifikasi serta masuk di email, maka bisa langsung dicetak menggunakan kertas A4,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy