SMAN 11 Kendari Wakili Sultra Pada Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional – Kendari Pos
Edukasi

SMAN 11 Kendari Wakili Sultra Pada Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Prestasi membanggakan kini diukir oleh SMAN 11 Kendari. Sekolah yang dipimpin oleh La Hanufi ini, berhasil mendapat juara satu pada lomba perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Atas prestasinya tersebut, sekolah ini bersiap mewakili Sultra pada lomba perpustakaan tingkat nasional tahun 2020 ini.

Kepala Sekolah, La Hanufi mengungkapkan, prestasi ini merupakan kerja keras dari seluruh komponen warga sekolah, baik dari peserta didik, tenaga kependidikan hingga para orang tua siswa.

“Saat ini SMA Negeri 11 Kendari mendapat kepercayan untuk mewakili Provinsi Sultra pada lomba perpustakaan tingkat nasional. Kami telah menyiapkan sarana penunjang, seperti akreditasi serta sarana dan prasarana perpustakaan menjadi salah satu indikator penting dalam penilain,” ungkapnya, saat diwawancarai oleh awak media, Jumat (9/7).

Diakuinya bahwa perpustakaan SMAN 11 Kendari di tingkat provinsi bersaing ketat dengan beberapa sekolah yang ada di Sultra, seperti perpustakaan SMKN 1 Kolaka, SMAN Mawasngka Tengah, MAN 1 Konawe, SMAN 4 Bombana, dan SMAN 1 Kaledupa. “Persaingannya cukup ketat. Namun, nilai yang diperoleh SMAN 11 Kendari melebihi dari skor sekolah-sekolah tersebut. Untuk itu, kami berharap perpustakaan yang kita miliki ini bisa lebih berkembang dan maju lagi, baik dari segi akreditasi maupun kualitas. Sehingga kedepannya program yang kita miliki dalam meningkatkan minat baca siswa itu dapat terlaksana dan terwejud. Serta mudah-mudahan pada ajang nasional ini, kita bisa meraih prestasi yang maksimal dan membanggakan daerah serta sekolah,” harapnya.

Ia juga mengatakan, perpustakaan yang dimiliki SMAN 11 tersebut, pada tahun 2019 telah mendapatkan akreditasi tertinggi di Sultra yaitu B untuk tingkat SMA dan SMK. Selain itu, untuk meningkatkan minat baca, pihaknya memberlakukan kebijakan untuk mewajibkan kepada seluruh guru dan siswa agar salalu mengunjungi perpustakaan.

“Kemudian dalam penerimaan siswa baru, kami ada kegiatan orientasi perpustakaan, lalu ada pemilihan Duta Baca sekolah. Kmi juga telah mengembangkan literasi digital yang diluncurkan pada awal tahun 2020, dimana sebagai program unggulan SMA Negeri 11 Kendari, dengan demikian kita inginkan ada peningkatan minat baca oleh para siswa maupun guru,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan, Satriana menambahkan, salah satu poin tertinggi dalam penilaian perpustakaan adalah adanya inovasi yang dilakukan oleh siswa pada perpustakaan. Inovasi yang diandalkan adalah berbasis digital yang bernama Smabel Punya Literasi Digital (Sapulidi). Dengan menyediakan website perpustakaan.sman11kdi.sch.id dan 8 yunit komputer untuk digunakan oleh siswa.

“Alhamdulillah saya turut bangga dengan warga SMA 11 Kendari, dimana mereka sangat antusias untuk membuat media-media yang telah dilengkapi dengan aplikasi barcode QR Code. Tentu Ide ini muncul dari siswa sendiri pada saat mereka mengikuti lomba karya tulis ilmiah di Jogja pada tahun 2018 yang lalu. Kemudian kita lanjutkan pada aktivitas literasi sekolah,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy