SK 140 PNS Pemkab Konawe Diserahkan – Kendari Pos
Konawe

SK 140 PNS Pemkab Konawe Diserahkan


KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 140 calon pamong daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, resmi menyandang status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Peralihan status 140 abdi negara yang lulus tahun 2018 itu, ditandai dengan penyerahan surat keputusan (SK) 100 persen dan pengambilan sumpah yang dipimpin langsung Bupati, Kery Saiful Konggoasa sebagai pejabat pembina kepegawaian, Senin (13/7).

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri) didampingi Sekab Ferdinand Sapan ketika menyerahkan SK 100 persen kepada 140 CPNS lingkup Pemkab yang lulus seleksi tahun 2018 lalu.

Kery menegaskan, pengambilan sumpah 140 PNS baru tersebut, merujuk pada undang-undang (UU) nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pasal 66 ayat (1) dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS pada pasal 29 ayat (1). Dalam aturan itu, setiap CPNS pada saat diangkat menjadi PNS, wajib mengucapkan sumpah atau janji.

“Hari ini, saudara-saudari sudah mengucapkan janji sebagai seorang PNS. Secara otomatis, kalian semua sudah diikat dengan tugas, kewajiban dan larangan sesuai dengan PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS,” ujar Kery Saiful Konggoasa, kemarin di Pendopo Pemkab Konawe.

Ketua Harian DPW PAN Sultra itu menambahkan, PNS yang telah diambil sumpahnya, harus mempunyai kesetiaan terhadap Pancasila, UUD 1945 dan pemerintah, serta bermental baik, bersih, jujur dan penuh tanggung jawab dalam membantu menjalankan tugas birokrasi di Pemkab Konawe.

Selain itu Kery meminta, PNS yang dilantik agar menjalankan tugas pelayanan publik secara produktif dan profesional. Mantan Ketua DPRD Konawe tersebut juga mengingatkan, status PNS dapat diberhentikan dengan hormat maupun tidak dengan hormat jika abdi negara melanggar ketentuan peraturan yang telah dibuat pemerintah.

“Oleh karena itu, saya berpesan agar saudara sekalian dapat bekerja dengan baik. Landasi diri dengan disiplin kerja dan waktu. Selamat atas SK 100 persen yang sudah dipegang. Jadilah abdi negara dan abdi masyarakat yang bekerja dengan ketulusan hati,” ungkap Bupati Konawe dua periode itu.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan menuturkan, sebenarnya ada 142 CPNS Konawe yang lulus pada tahun 2018. Hanya saja, penyerahan SK 100 persen hanya diberikan kepada 140 CPNS lantaran seorang CPNS mengundurkan diri. Satunya lagi, tidak mendapatkan nota pertimbangan teknis dari Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar. Ferdinand berharap, 140 PNS yang baru disumpah itu dapat menunjukkan kinerja terbaik serta terus meningkatkan jenjang pendidikannya.

“Saudara-saudari ini masih dalam pemantauan kedisiplinan dan kinerja. Semoga evaluasi tidak ada yang mendapat punishment. Saya harap ini menjadi perhatian,” pintanya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy