Sidak Pak Kadis Hari Pertama Sekolah : Guru Belum Hadir, Siswa Tanpa Masker – Kendari Pos
Muna Barat

Sidak Pak Kadis Hari Pertama Sekolah : Guru Belum Hadir, Siswa Tanpa Masker

KENDARIPOS.CO.ID — Kesiapan perangkat Satuan Pendidikan di Muna Barat (Mubar) dalam menghadapi tahun ajaran baru, belum maksimal. Itu terlihat pada hari pertama masuk sekolah, Senin (13/7). Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Mubar, Jamuddin, M.Pd., yang melakukan pemantauan langsung pada sejumlah sekolah melihat kondisi tersebut. Diketahui, masih ada guru yang belum masuk untuk bekerja dan para peserta didik yang hadir, tidak menggunakan masker saat berada dalam ruangan.

Di SMPN 2 Barangka, hampir semua siswa ditemukan tidak memakai masker. Kadiknas Mubar langsung memerintahkan para siswa untuk pulang dengan menjaga jarak dan tidak jalan berombongan. “Mana gurunya,”tanya Jamuddin, yang kemudian dijawab belum hadir oleh para siswa. Saat itu pula, Kadiknas langsung mengumpulkan seluruh tenaga pendidik di sekolah itu dan meminta agar seluruh guru harus selalu siap untuk mengajar. “Karena hari ini saya lihat tidak ada kesiapan guru untuk mengajar, maka saya skorsing sampai Senin. Minggu depan baru masuk. Tapi kalau besok atau lusa sudah siap mengajar, maka saya tarik kembali,” tegas Jamuddin.

Sebelum aktivitas belajar mengajar dimulai pada tahun ajaran baru ini, pihak sekolah harusnya sudah menyiapkan peralatan cuci tangan, sabun dan masker bagi para siswa. Sebab itu sudah disepakati dalam pertemuan pekan lalu yang dihadiri para kepala sekolah. “Tolong ini semua disiapkan sebelum masuk sekolah. Protokoler kesehatan pada masa new normal ini tetap diperhatikan,” instruksi Jamuddin. Ia juga meminta guru dan kepala sekolah menyiapkan ruang belajar dengan mengatur jarak sesuai ketentuan. “Setiap kelas hanya bisa menampung 18 siswa saja. Kemudian tidak ada jam istirahat. Langsung pulang kalau sudah jam kedua. Ini pun harus diatur satu satu saat keluar ruangan. Sisanya bisa dijadwal untuk masuk siang,” paparnya.

Sementara di SMPN 1 Barangka, kondisinya sudah lebih siap. Pihak sekolah sudah mensterilkan segala sesuatunya sebelum siswa masuk belajar.”Jumlah siswa seluruhnya ada 379 orang menggunakan 16 ruangan. Masing-masing kelas hanya dibatasi 18 sampai 20 siswa. Masuk mulai pukul 7.15 Wita dan pulang pukul 11.00 sesuai arahan Kadiknas. Tanpa ada jam istrahat. Masker disediakan sekolah dengan menggunakan dana BOS. Demikian pula dengan kesiapan sarana cuci tangan dan sabun serta pengukur suhu badan,” jelas Kepala SMPN 1 Barangka, La Pelita, kemarin. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy